Jarvis, Alarm Canggih Buatan Anak Negeri… “Hidup Matikan Motor Cukup Pakai Suara”

alarm-jarvis
Cara endi menghidupkan dan mematikan motor,cukup pakai perintah suara saja

BMSPEED7.Com – sobat sekalian…nama Endie belakangan ini sedang menjadi buah bibir berkat inovasinya mengembangkan sistem pengaman canggih sepeda motor yang diberi nama Jarvis. Apa itu Jarvis? Adalah sebuah modul alarm yang cara pengoperasianya  cukup pakai suara pemilik sepeda motor. Bagaimana latar belakang endie menciptakan proteksi sepeda motor ini beserta cara kerjanya..?


Pemuda dengan nama lengkap Endie Yusup menciptakan modul Jarvis bermula dari kecintaanya mengoprek sepeda motor, ditambah lagi senang dengan dunia robotik membuat ia makin semangat dalam bereksperimen/menciptakan hal baru.

Pemuda asal Bekasi ini rajin mencari artikel tentang robotik di Internet,hingga menemukan sistem robotik yang cara kerjanya diremot dari handpone.

Dari situ idenya berkembang hingga terciptalah sebuah modul alarm Jarvis yang saat ini sudah ia pasanf di motor Honda Vario eSP.

Modul Jarvis yang ditempatkan di motor tersebut akan terknoeksi dengan  handpohe (Hp) via aplikasi khusus yang juga ia ciptakan.  So,praktis sepeda motor pun sepenuhnya dikendalikan oleh HP dengan perintah suara.

Cara Kerja Jarvis
Ini yang menurut saya paling menarik,karena hidup dan matikan motor cukup dengan perintah suara.

“Jarvis, hidupkan motor,”itulah perintah Endie kepada Si Jarvis sembari berbicara menghadap smartphone Android -nya. Starter motor langsung bekerja dan menyalakan mesin motor bebarengan dengan lampu Motor  baik lampu utama maupun lampu senja yang memang sudah otomatis nyala kala motor dihidupkan.

Sama dengan menghidupakan, untuk mematikan tinggal ngomong aja ” Jarvis, matikan motor,” mesin motor langsung mati diikuti matinya lampu.

“Alarm Jarvis aman tidak,kan cukup pakai perintah suara aja”

Nah ini mungkin yang menjadi pertanyaan,aman tidak sih? untuk hal tersebut rupanya sudah disiasati dengan menambahka proteksi (perlindungan) dengan Bluetooth yang dikasih password 4 digit.

Nah,dengan demikian sepeda motor tidak akan menyala walaupun mendapat perintah suara yang sama.

Asiknya lagi, tidak hanya perintah suara dengan bahasa Indonesia loh,melainkan bisa berbagai macam bahasa lantaran didalam modul Jarvis tersebut telah dihungkakan aplikasi khusus yang tidak bisa ia sebutkan namanya dengan Google Voice.

Ouh iya,jika modul jarvis telah diaktifkan/bekerja, maka kunci analog tidak bisa bekerja lagi,so walaupun kita masukan anak kunci sepeda motor tidak akan menyala.

Dan jika dibobol secara paksa pada lubang anak kunci misalkan oleh pencuri aka maling,klakson motor ini otomatis akan berteriak lantang sob,ajib bener dah ini Jarvis

Last,dengan adanya Jarvis,Endie berharap akan mengurangi angka Curanmor (pencurian sepeda motor) yang makin marak belakangan ini. Sangat menarik bukan jika alat ini diproduksi secara massal dan di per jual belikan?,wah kalo gitu saya beli satu deh :mrgreen:

Bonus,Video Cara kerja Modul Jarvis Klik kurang puas? search aja di Youtube. :mrgreen:

Semoga Berguna!

Penulis : Mas Muslim
^_^Kontak BMSPEED7.Com^_^

#Noted : bukan Dealer atau bengkel Modifikasi,hanya penulis yang ingin berbagi informasi,Terima Kasih.

Advertisements

Be the first to comment

Orang Bijak Tinggalkan Jejak!