Kelebihan Dan Kekurangan Headlamp LED Pada Motor





Kelebihan Dan Kekurangan Headlamp LED Pada Motor

headlamp-LED-Vario-125-eSP
Sayap All New Honda Vario 125 eSP

BMSPEED7.Com – sobat sekalian…sudah kita ketahui bersama jikalau sepeda motor sekarang banyak yang memakai Headlamp LED bawaan dari pabrikan,bahkan 3 raksasa otomotif Jepang yang mempunyai pabrik perakitan di Indonesia pun sudah menjadi fitur standart dengan aplikasi headlmap LED pada motor yang dirilis belakangan ini,contoh saja Honda Vario Series eSP,Yamaha Nmax dan SSuzuki Satria F150 injeksi. Tentu selain dipandang sebagai teknologi dan fitur terbaru headlamp LED juga terlihat modern. Nah,rupanya ada beberapa kelebihan dan kekurangan pada headlamp LED pada sepeda motor.

Kelebihan Headlamp LED


1. Lebih awet
Lampu LED memang terkenal lebih awet dan tahan lama lantaran pemakian daya yang tergolong kecil. Namun kemarin ada yang bilang,”mas lampu LED dimotor saya kog cepet mati?” usut punya usut dia pasang di Honda Vario karbu yang notabene masih arus AC. Jadi kalau lampu LED lebih awet dipasang dimotor arus DC. Makanya kalau kita jumpai pada motor dengan headlamp LED kebanyakan arusnya sudah full DC. Seperti Honda Vario 125,Honda CB150R,Honda Supra GTR150,CBR150R,CBR250RR dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Pengertian Arus AC dan DC Pada Sepeda Motor Beserta Kelebihan dan Kekuranganya

2. Minim maintenance
Kebanyakan headlamp dengan pencahahyaa LED sudah diriset untuk jangka panjang,makanya jarang headlamp LED diganti,beda dengan headlamp yang masih pakai bohlam halogen,kadang kadang bisa putus salah satu ,entah lampu jauh atau dekat.

3. Sinar lebih terang
Impressi saya ketika berkendara dengan motor yang memakai headlamp LED sorotan sinar yang dipancarkan lebih terang dan cukup jauh cahayanya ,ini lantaran lampu LED sudah memakai arus DC (direct current) jadi lebih terang dan stabil,beda dengan arus DC kadang2 redup kadang juga terang lantaran mengikuti putaran mesin.

4. Efisiensi lebih tinggi
Perbedaan headlamp LED dan Headlamp bohlam biasa/ halogen ialah terletak pada efisiensi,lampu LED diciptakan memiliki daya/watt yang lebih kecil jadi tidak panas dan tidak membuat si headlamp meleleh,sebagai contoh lampu LED Vario FI,pada data spek tertulis untuk lampu pendek dayanya hanya 2,2 Watt (x2), sedang lampu jauh 4,4 Watt (x2) dan hanya pakai arus sebesar 0,7 Ampere.

Sementara jika lampu halogen biasa mempunyai daya/watt kisaran 18-35 Kemudian jika memakai lampu jenis H4 60/55 Watt,bedanya jauh juga kan ya..

5. Lebih Fokus
Selain lebih terang,cahaya yang dipancarkan dari headlamp LED lebih fokus sob,tidak menyebar ketas maupun menyebar ke arah berlawanan

Kekurangan Headlamp LED

1. Silau?
Lampu LED yang ditanamkan pada headlamp sejatinya sudah melalui develomemt pabrikan yang ketat jadi tidak silau,hanya saja karena kurangnya pengetahuan akan penyetalan headlamp LED pada motor,sering kali membuat silau biker dari arah berlawanan lantaran posisi headlamp mendongak ketas atau terkadang lampu jauh dinyalakan.

Baca juga : Bikers Ini Terjun Ke Jurang Gegara Tak Kuasa Menahan Silau Lampu Belakang Warna Putih

2. Tidak Tembus Kabut
Pernah berkendara memakai Yamaha Vixion kala diganti lampu HID yang juga cahanyanya sama putihnya dengan lampu LED, pancaran sinarnya tidak tembus kabut,alhasil diibantu pakai cahaya dari lampu hazard.

3. Pancaran sinar terganggu saat grimis maupun hujan

Yups,baik Lampu LED maupun lampu HID dengan kekuatan cahaya 6000 kelvin keatas biasanya akan susah menembus kelamnya aspal basah,masih baikan lampu  bohlam halogen ataupu  lampu H4 yang cahayanya masih rada kekuningan.

Baca Juga : Cara Memasang Lampu HID Projektor Pada Motor

4. Harga mahal
Nah ini salah satu kejelekan terbesar headlamp LED,jika konslet disebabkan karena memodif kelistrikan atau ami amit kecelakaan yang menimbulkan headlamp Pecah,maka harus diganti satu set (headlamp assy),lumayan repot bukan kalau misal terjadu indien teraebut.

Last,terlepas dari sisi modern dan fitur yang katanya terbaru,namun lampu LED juga punya kelebihan dan kekurangan sob,saran saya lebih berhati hati deh sama headlamp LED karena kalau udah rusak harus diganti satu paket (assy) yang harganya cukup mahal,nanti akan saya bahas mengenai harga headlamp LED dari beberapa varian motor dimasing-masing  pabrikan. So,stay tuned sob!

Contoh sepeda motor yang memakai Headlamp LED Yang saya ambil dari motor dimasing-masing pabrikan

  1. All New Honda CB150 Street fire
  2. All New Honda CBR150R
  3. All New Honda CBR250RR
  4. Honda Supra GTR150
  5. Honda PCX150
  6. Vario Series eSP
  7. All New Yamaha Soul GT125
  8. Yamaha Aerox 155 VVA
  9. Yamaha Xmax 250
  10. Yamaha Nmax 155 VVA
  11. Yamaha Tricity 155
  12. Suzuki GSX-R/S 150

Dari ketiga raksasa otomotif  Jepang saja sudah terlihat mayoritas sudah mengaplikasikan headlamp dengan lampu LED sebagai fitur masa kini,Hanya Kawasaki yang betah memakai lampu halogen,lantaran Kawasaki Justru Setia Pakai Bohlam Tradisional, Disaat Pabrikan Lain Getol Memperbarui Headlight LED,

Semoga Berguna!

Penulis : Mas Muslim
^_^Kontak BMSPEED7.Com^_^

#Noted : bukan Dealer atau bengkel Modifikasi,hanya penulis yang ingin berbagi informasi,Terima Kasih.






About Mas Muslim 1397 Articles

Hallo om,salam kenal, saya Mas Muslim admin tunggal dari blog ini,terima kasih banyak sudah berkunjung,komen,share dan berlangganan diblog WWW.BMSPEED7.COM | Semoga bermanfaat

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*