Pengertian Watermark Dan Fungsinya

Apa Itu Watermark Dan Fungsinya

honda-beat-hitam
Honda BeAT pop PRJ Kemayoran 2016

BMSPEED7.Com – bagi kalangan media maupun Blogger watermark bukan suatu hal yang asing bagi mereka. Lantas apa itu watermark? Secara istilah water berarti air,mark berarti tanda… 😀 so, bisa kita simpulkan kalau pengertian watermark adalah sebuah tanda manual kepemilikan dalam hal ini ialah gambar maupun video berupa tulisan kecil/logo yang terlihat mengambang pada sebuah gambar maupun Video karena memang format gambar untuk watermark bisanya PNG bukan JPG maupun JPEG. Kemudian apa fungsi dan kelebihan foto atau video yang dikasih watermark?

Secara fungsi Watermark adalah bukti kuat kalau gambar maupun video adalah pemilik resmi dari yang menciptakan…so,bisa disebut juga gambar atau video yang dikasih watermark merupakan gambar atau video ©copyright karena memang kebanyakan gambar dan video yang dikasih watermark sebagian besar hasil foto/rekam video pribadi seperti Blogger dan Youtuber maupun media yang tergabung dalam suatu grup.

Kelebihan foto dan video yang memakai watermark

1. Meminimalisir Gambar atau video kita dicolong seseorang,mengingat sudah ada tanda pengenal/kepemilikan gambar/video tersebut.

2. Jika gambar /video kita diambil orang secara tidak langsung nama website kita akan tenar atau jika sobat seorang Youtuber maka Channel Youtube kalian  akan dikunjungi karena kepo degan isi konten didalamnya…

3. Karena saya seorang Blogger,yang berdasar pengalaman saya mempunyai foto dengan watermark,tidak jarang jika foto kita dipakai oleh blogger/media/youtuber terkadang ada yang ngasih backlink. Apa itu backlink? Backlink adalah link yang mengarah kesitus kita entah Media ataupun Blog tertentu…so,bisa dipastikan pengunjung akan bertambah dari backlink tersebut.

pengertian-watermark
Nih penempatan Watermark ala kadarnya 😀

4. Selain untuk melindungi gambar atau video ciptaan kita,suatu gambar/video yang dikasih watermark mempunyai seni tersendiri apabila penempatan watermark itu tidak menganggu keindahan/estetika gambar. Penempatan watermak biasanya dipojok bawah kiri kanan pojok atas kiri kanan dengan opasitas yang bisa disesuaikan dengan keinginan kita.

Kekurangan gambar/video memakai watermark

Sejauh pengamatan saya tidak banyak kekurangan,namun ada 2 kekurangan sebagai berikut :

1. Dicap pelit lantaran adanya watermak pada foto yang diposting dan tidak bisa dipakai orang lain,perkara gambar yang dikasih watermark dan tidak mau diambil media dan blogger bukan karena menguntungkan trafik yang punya gambar watermark, tapi karena keprofesionalan merekalah yang ogah memakai gambar orang lain yang dikasih watermark.
Salah satu blogger yang tidak memakai watermak baik hasil jepretan maupun editan komputer ialah Mas Sugeng mastah Blogger sekaligus pemilik blog sugeng.id

2. Menggangu tampilan gambar. Yups, walau gambar bagus, entah hasil jepretan pribadi atau oleh rekayasa komputer kita menarik namun jika peletakan watermark tidak tepat akan menganggu tampilan gambar…intinya tinggal pinter pinternya kta aja meletakan watermark pada posisi yang tepat supaya tidak mengagu estetika gambar

Semoga Berguna!

Penulis : Mas Muslim
^_^Kontak BMSPEED7.Com^_^

Advertisements

2 Komentar

  1. Namun menurut bocoran salah seorang R&D Yamaha ( unofficial) tentunya….Al New R15 akan mendapat ubahan di sektor mesin secara total alias All New selangkah lebih maju dari yang versi sekarang meliputi sektor performa dan keamanan.. ABS..??
    all-new, liquid-cooled, single cylinder, 155cc VVA.. dengan 6-speed gearbox nah ini yang bikin gak percaya karena infonya akan mencapai 20 HP dalam hal tenaga puncaknya sedangkan torsi kisaran 18Nm… terlalu berlebihan?..entahlah ini juga bocoran gak resmi..
    sementara kelas sport rivalnya saja 19 HP (GSX-R150) dan 17 HP(Honda CBR 150R).. namun jika dilihat dari kubikasi yang menjadi 155 serta penambahan “tweak” engine All New… bisa jadi…!

Orang Bijak Tinggalkan Jejak!