Cara Memunculkan dan Mengaktifkan Data Seluler HP Android Yang Hilang Dan Tiba Tiba Tidak Aktif Saat Ganti Kartu Baru





Cara Memunculkan dan Mengaktifkan Data Seluler HP Android segala merek (Samsung,Xiaomi,Oppo,Sony,Asus,Acer,Andromax dan kawan2 Yang Hilang Dan Tiba Tiba Tidak Aktif dan tidak berfungsi, padahal baru ganti kartu baru…

Masukan Kode_Id POSID Telkomsel simPATI dan AS
Masukan Kode_Id POSID Telkomsel simPATI dan AS

BMspeed7.Com – beberapa hari yang lalu saya sempat dipusingkan dengan simay,Xiaomi Redmi 2 milik saya yang biasa digunakan nge-blog tiba tiba error gak bisa digunakan internetan…loh,emang kenapa mas? Rusak? Kebanting?  Atau jangan jangan gak ada data paket Internet ya.? :mrgreen:  poin ketiga bikin nyesek aja nih…gak sob,justru data paketan internet baru saya beli 6 GB begitu pula ketika saya cek *363# ya masih utuh belum digunakan. Lantas apa penyebab Hp macam Android Xiaomi gak bisa buat internet dan data seluler udah dipencet namun tidak mucul seperti sedia kala. Berikut trik dan caranya….


Trouble Shotting

1. Jaringan/Network

Walau terlihat sepele,jaringan bisa saja menjadi penyebab utama..ya mungkin dikarenakan memang daerah itu tidak dijangkau oleh operator tersebut atau mungkin sedang dalam maintenance (perbaikan). Saya pernah merasakan betul sepulang kerja pas sampai rumah “loh sinyal ada namun internet lemot” ,dan ternyata penyedia layanan yang saya pakai lagi perbaikan dikarenakan salah satu tower bermasalah habis hujan disertai angin kecang.

2. Masa aktif kartu

Terkadang meski kuota ber MB MB bahkan ber Giga Giga namun masa aktif kartu dalam keadaan masa tenggang maka akan berdampak  icon 3G/H atau 4G tidak bisa muncul sob! Solusi ini biasanya sobat kudu mengisi pulsa pada kartu yang tidak aktif tadi supaya masa aktif bertambah dan yang pasti icon H (3G) dan 4G bisa mucul sob!

3. Setting Jaringan di Hanphone

Pergi ke pengaturan android dan cari  settingan SIM dan jaringan lalu cari data seluler untuk di aktifkan dengan cara mengeser ke kanan. Jika sudah aktif namun ponsel belum bisa internetan. Ikuti tips ke-4

4. Belum mengirim kode Outlet/kode ID POSID
Ya,pihak operator sekarang rupanya mengharuskan konsumen mengirim kode Outlet pada saat registrasi kartu supaya bisa digunakan untuk internetan.

Biasanya begitu kartu dimasukan ke HP pasti akan muncul pesan yang intinya sobat kudu mengisi 10 kode ID guna mengaktivasi kartu tersebut,karena jika tidak data seluler tidak akan muncul dan gak bakalan bisa dipakai buat internetan. Ini pesan dan cara registrasinya

Dapat pesan dari Operatornya nih
Dapat pesan dari Operatornya nih

Hub. Outlet/Grapari/Penjual utk dapatkan 10 Digit KODE_ID dan aktifasi layanan prabayar Anda, dgn kirim SMS ketik POSID<spasi>10 Digit KODE_ID kirim ke 1818 (Cth: POSID 1234567890)“. itu untuk kartu provider  Telkomel ya…beda operator beda pula kode ID sob!

Nih dia daftar kode Outlet/kode ID unik supaya kartu di HP sobat bisa buat internetan

  • Simpati : 2203002168
  • AS  : 1303025113
  • XL & Axis          : CR36Z atau NB51V
  • Indosat Ooredoo : 1381019 atau 1302489
  • TRI                     : 00143616 atau 00013021 atau 00108681

Last,itulah cara mengaktifkan jaringan internet dan memunculkan kembali data seluler yang hilang secara tiba tiba pada saat berganti kartu baru…BTW adakah sobat sekalian yang punya pengalaman serupa dengan saya? kalok iya pasti sempat pusing 7 keliling yak 😀 La pie sob, lawong baru beli data paket internet begitu dimasukin ke HP terus setuh tombol data seluler ladalah gak muncul dan gak bisa akitif..loh ternyata masalah utaman belum masukan dan mengirim kode ID tho…asyem tenan iki 😀 Semoga berguna yak!

Like Fanspage FB BMspeed7.com untuk update informasi berikutnya,Terima kasih sudah baca dan bagikan  artikel ini keteman teman.

https://www.facebook.com/BMSPEED7/likes/

About Mas Muslim 1274 Articles
Hallo om,salam kenal, saya Mas Muslim admin tunggal dari blog ini,terima kasih banyak sudah berkunjung,komen,share dan berlangganan diblog WWW.BMSPEED7.COM | Semoga bermanfaat

Ayo Berkomentar