Advertisements
jump to navigation

Cara Membuat Lampu Sein Dan Lampu Senja Berkedip Bergantian Aka Flip Flop October 10, 2016

Posted by Mas Muslim in : Kelistrikan Motor , trackback
Sumber : google

Yang lampu kuning adalah lampu sein dan yang biru adalah lampu senja/kota tambahan. Source image : google

BMSPEED7.COM – pengalaman unik nan menarik yang sayang jika tidak dishare…sebenernya pengalaman ini udah lama juga mungkin ada lah 2 tahunan…tapi gpp yang namanya artikel how to kan sifanya abadi..hehe…ok langsung aja cara membuat lampu sein flip flop dengan lampu kota aka senja…

Cara ini dulu pernah saya praktekan pada Honda vario Techno 110 lansiran 2012 yang kebetulan mempunyai arus AC alias lampu utama nyala ketika mesin hidup…ok tapi saya gak bahas tentang arus DC atau AC..hehhe

back to topik, Skema pada tutorial kali ini ialah membuat lanpu sein dan lampu kota tambahan berkedip bergantian. Jadi,ketika kontak diposisi On maka lampu senja akan nyala lanyaknya motor sekarang….dan ketika saklar lampu sein diselect/geser ke kanan atau kiri maka lampu kota akan mati dan sein nyala dan begitu terus hingga saklar sein di Off-kan baru behenti berkedip dan lampu kota nyala normal.

Rangkaian lampu flip flop

Rangkaian lampu flip flop, Warna Kabel standart Honda.  Source image : mmabmsquadbulupitu7.blogspot.co.id

Baca Juga : Arti Warna Kabel Pada Kelistrikan Motor Pabrikan Jepang Honda,Yamaha,Suzuki,Kawasaki…Yang Mau Modif Kelistrikan Wajib Baca !

Lantas caranya gimana mas? caranya sangat mudah sob,timggal dipraktekin 10 menit jadi kog…hehe

pertama adalah hubungkan kabel Negatif (-) lampu senja ke positif ke kabel  positif (+) lampu sein kiri dan begitu juga untuk yang lampu sein yang kanan ya sob,timggal seuaikan dengan gambar diatas…awas jangan kebalik!!

Dan terakhir adalah hubungkan kabel positif (+) lampu senja ke positif (+)  kabel kontak.

Selesai.

Note : cara yang saya praktekan adalah pemberian lampu kota/senja tambahan bukan merubah lampu senja dari pabrikan… selamat mencoba om!


Advertisements
space for ads

Comments»

1. Saiid - October 31, 2016

Maass itu kalo mio 2008 bisa gk di bikin kya gtuh

Mas Muslim - October 31, 2016

Bisa mas,tinggal beli aja flasher kaya gitu,Vixion ku juga gitu mas,tinggal beli pasang langsung kedip cepet

2. dede wahyudi - November 19, 2016

Kok ane coba lampu sein kanan kiri msh nyala tak cman redup? Kan klo di sein kanan/kiri msh aja nyala sebelah’a ntu bijimane om permasalahan’a?

3. Mas Muslim - November 20, 2016

Dimotor apa om?

4. M.FIKRI.NOOR.CHALIQ - November 29, 2016

Mas kalo di motor astrea bisa gsk mas

Mas Muslim - November 29, 2016

Bisa semua mas…

5. eko - December 1, 2016

Mas kl posisi sein off apakah lampu senja menyala

Mas Muslim - December 1, 2016

Gantian nyalanya mas kan namanya juga flip flop

6. Yusup - December 28, 2016

Gan lampu kota tambahan nya bsa di kasih tombol on-off gak ??

Mas Muslim - December 28, 2016

bisa gan,tinggal ptotong aja minusnya

7. ardians - March 18, 2017

bang itu ke kontak ki mksd.e kontak mana ?

Mas Muslim - March 18, 2017

positif kontak masbro…

ardians - March 19, 2017

ok bang tips nya
mantap bnget udah jd n simple
nice !
recomended bgi pemula lah
god job bang

Mas Muslim - March 19, 2017

Terima kasih om

8. wahyu96 - March 23, 2017

bg thu nyambung ny d putus apa d gandeng aja??

Mas Muslim - March 23, 2017

gandeng aja gan,putus ntr kalau standarin susah

9. wahyu96 - March 27, 2017

mass thu kalo kunci kontak on lampu senja ny hidup?

Mas Muslim - March 27, 2017

Hidup mas,kalau mau dimatikan juga bisa,dikasih aja saklar



%d bloggers like this: