Salah Kaprah Pilih Bohlam Headlamp, Reflektor Honda Vario 125 Meleleh!!

Yups,dari judulnya memang terasa mak jleb,lapie Masbro…banyak dari mereka menganggap bahwasanya ini motor motor gue bebas dong mau ganti bohlam kek apa juga…Ya,memang boleh-bolehs aja namun dampak kembali pada sampean masing-masing.

bohlam-meleleh-dalam-reflektor

BMSPEED7.COM – sobat sekalian….suatu kendaraan diciptakan memang sudah melakoni serangkain uji layak untuk mencapai kata “standart” guna mengikuti regulasi yang ada. Tak terkecuali kelistrikan…salah satu komponen vital pada suatu kendaraan ini sangat sensitif manakala dioprek diluar dari standart motor yang sudah ditetapkan suatu pabrikan. Seperti kasus Headlamp Honda Vario 125 generasi pertama milik saudara saya yang tadi pagi saya temukan reflektor-nya meleleh dan bohlam putus menjulur keluar dari pitingan yang berakibat menempel keras pada rumah lampu (reflektor). Lantas apa penyebab bohlam meleleh?

Baca Juga :

Yang bisa saya tangkap kala menemukan kasus seperti diatas ialah, Pengunaan lampu yang tidak jelas,maksudnya mereknya mas? Bukan itu…tidak jelas yang saya maksud  ialah tidak menerapkan standart lampu yang ada. Sebagai contoh Honda Vario series yang memakai bohlam (belum LED) biasanya mempunyai daya 25 watt dan kebanyakan orang tidak tau menau asal templok aja lampu 35 watt bahkan lebih.

Ini sangat fatal apabila diterpakan, mengingat suhu dalam rumah lampu (reflektor) akan panas dampak dari pancar lampu yang terang benderang melebihi standart dan ini juga membuat pengendara dari lawan arah kesilauan.

Prinsip membuat lampu depan terang sih sangat gampang dimana untuk Arus DC : daya lampu diupgrade dari standart misal 25 ganti 35,jangan kaget kalok lampu bakal terang karena arus DC alias langsung dari aki,semakin daya (watt ) lampu besar nyala makin terang,tapi perlu diingat pengunaan cara seperti ini ini bakal nyedot arus listrik banyak yang berdampak umur aki tidak tahan lama.
Sementara untuk Arus AC sebaliknya downgrade/turunkan daya lampu dari standart,misal 35 ganti 25 watt atau 18 watt pasti terang lantaran mengikuti putaran mesin…

mika-lampu-meleleh

Last,kasus Honda Vario 125 milik saudara saya ini terjadi dikarenakan penggunaan lampu melebihi yang telah ditentukan yakni 35 watt,padahal harusnya 25 watt (bohlam standart vario 125) dan jika ditotal dua buah aja udah 70 watt beda 20 watt kan dengan standart dari pabrik?!.. yo pantes ae bro…lapisan krom pada reflektor cepat memudar lawong suhu dalam reflektor aja panas melebihi normalnya…sekedar info aja Honda Vario 125 Fi punya Arus DC dengan aki standart 12V 6 mAH bisa dipastikan bakal terang benderang !! saran saya mending pertimbangkan untuk upgarde bohlam dengan watt lebih besar.

Ok, memang saya akui cukup terang…namun satu hal sampean kudu pertimbangkan hal buruk yang ssuatu saat menghampiri…seperti rumah lampu meleleh>bohlam putus>konslet? kemungkinan besar !!>lampu mati? itu betoel adanja>>>kalau riding malam tiba tiba kek gitu? ah kalok saya sih mikir mikir…cukup standar aja lah!! Ouh iya saran lagi,Kalaupun sampean pingin ganti bohlam motor kesaynagan,coba deh lirik bohlam LED keknya pilihan bijak,selain watt lebih kecil,cahaya terang dapet plus suhu panas dalam reflektor lebih redah dibanding bohlam tradisonal alias halogen namun hargannya lebih mahal.

Ok,itu aja sob sharing info dari saya,semoga berguna.

4 Komentar

    • Pasti lebih terang bro…efeknya pasti lapisan krom headlamp akan cepat pudar..usahakan yg standart aja mengikuti pabrikan…plus belilah lampu yg bermerek bro..jangan merek abal abal…karena suatu merek yg bagus pastilah dijaga kualitasnya…

Orang Bijak Tinggalkan Jejak!