Short Review KTM RC390, Kencan Durasi Dikit Saja Sudah Klimaks….

ktm-indonesia
KTM RC390 @GIIAS 2016

BMspeed7.com – sobat sekalian…pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 memang usai digelar (21/8/2016) dengan omset penjualan ditaksir mencapai Rp 6,1 Tryliun…Bicara ajang pameran GIIAS yang katanya bertaraf internatinal tapi saya rasa biasa aja ini…beberapa hari yang lalu sempat bertandang ke sana…tau gak disana ada CBR250RR piston dua yang fenomenal dan tak lupa disana juga ada motor sport fairing KTM yang dibanderol terjangkau dari harga sebelumnya…

Yeah….kita kesampingkan dulu kencan singkat atau Review  KTM RC390..kita bahas bakal kaya apa KTM nantinya di Tanah Air, pasalnya…KTM ini suatu brand yang dipandang sebelah mata oleh banyak konsumen sepeda motor di Indonesia…lantaran brand ini masih butuh nama di negeri ini…kita ketahui memang nama sangatlah penting dari suatu brand…makanya sering kali keluar kata “the brand of power” memang benar, sebaik apapun itu motor tanpa punya nama jangan ngarep deh bisa laku keras kaya motor Jepang (Honda,Yamaha,Kawasaki,Suzuki)…..

Kenapa saya bilang begitu,tak lain lantaran KTM Indonesia yang dikendalikan oleh PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) akan membangun pabrik  di Indonesia dengan konsep CKD alias perakitan saja,komponen vital masih didatangkan dari tanah kelahiranya di Asustria sana…..

Alasanya tentu tak lain ingin menekan harga jual produknya…dalam hal ini unit yang dikendalikan ialah street bike Duke series dan RC series…. Memang sangat tepat jikalau KTM ingin memperluas pangsa pasar di Indonesia,karena market sport di Indonesia sangatlah gemuk seperti gemuknya pasar skutik (tengok honda skutiknya laku 10 juta unit,lebih malah jika dihitung sampai saat ini,tengok juga Yamaha skutiknya diekpor kemana mana) betul apa iya…hehe

Lalu telah diketahui bersama motor KTM yang dijelaskan diatas sudah dijual dengan pangkasan harga mencapai Rp  20 Juta…ini artinya KTM bisa dikatakan jual merugi dulu lantaran KTM yang di motori PJLM mau tak mau mensubsidi motor yang dijualnya…cmiiw

spg-ktm
KTM Duke 250

Sebenarnya ini selangkah lebih maju dari KTM,memberikan harga kompetitif,berencana bangun plant perakitan di Indonesia…Namun harus diingat,pembangunan pabrik bukan 1 atau 2 bulan melaikan mungkin mencapai 2 tahunan…maka dari itu… lebih baik bangun after sales yang mumpuni terlebih dulu mengingat ini kan unit masih CBU alias masih impor dari Asia…So,akan lebih baik jika dibangun jaringan dealer 3S (Sales,Service,Spare part) ya minimal dikota besar dulu lah…supaya bisa dipercaya calon konsumen…gak etis kan motor sport dengan fitur mumpuni plus dikasih embel embel “terjanglau” ini harus diabaikan konsumen lantaran mereka (calon konsumen) bingung soal aftersales maupun purna jual….

Nah,saran saya sebagai konsumen motor Jepang ya cuma satu,banyakin jaringan after sales…pajang tuh motor yang katanya “value for money” apa “worth it” lah dan sebagainya…niscaya sedikit demi sedikit nama KTM akan sedikit diperhitungkan dimata calon konsumen karena KTM ini baru aka nyemplung di pasar so,merayu dengan harga murah saja gak cukup !!

Back to topic,sebelum lebih lanjut mari tekan tombol like difanspage FB saya Klik saja Disini dan terima kasih yang sudah sudi nge-like. Ouh Iya, disini saya menegaskan ini hanyalah sebuah pengalaman saya saat melihat secara langsung (First Impression) dan meraba raba ini unit saat pameran GIIAS kemarin….

Kita mulai first impression KTM RC390 dari depan yah…baru belakang

ktm24.jpgPada bagian depan, kita akan melihat moncong lampu terlihat kopong kaya belum ada lampu (reflektor)…padahal jika dipelototin lebih jelas itu tertanam dual projektor lens masih halogen sob,…tapi meski begitu malah terlihat agresif seperti motor diarena balap yang mempunyai air scoop….

wind-shild-ktmrc390
Headlamp KTM RC390

Saya amati ternyata bagian windshild menyatu dengan batok headlamp…ini kayaknya pertama dalam sejarah ada wind shilend menyatu dengan batok lampu…lalu disana juga ada spion menarik dan dibenamkan lampu sein LED yang terlihat menawan kala dinyalakan…

pelek-KTM-RC390
Suspensi Upside Down

Beralih bagian kaki depan,dia ini (RC390) terlihat mencolok dengan pengaplikasian sok USD yang lagi trend dimotor sport sekarang,disana terlihat buatan WP suspension,lalu peleknya ia pakai cast wheel (CW) alumunium berdiameter 3.00 ring 17 inchi yang dibalut dengan ban kondang WSBK, Pirelli Diablo Rosso 2…sebenarnya pada KTM RC250 juga disematkan pula ban type ini sob..makanya dikelas sport fairing 250cc hanya KTM RC250 yang pakai ban ini…gile bukan main sob!

rem-abs-KTM-Rc390

Lalu perhatian pula sistem pengereman-nya …dia punya kaliper turunan dari Brembo !! ByBre (By Brembo) bukan Rembo loh ya wkwkwk !! 4-piston diameter piringan 300 mm. Tak lupa ada disana ada lubang seperti titik-titik mengitari piringan yang menandakan ia sudah pakai sensor rem ABS.  Rem ABS-nya bikinan Bosch Jerman sob. Dan disaat melihat secara detail bagian kaki-kaki Saya baru ‘ngeh’ kalok spakbor-nya berbentuk rada kaku ya..terlihat separo gitu…yah namanya juga motor eropa pasti beda desain dengan jepang punya. Tapi ini serius sob! dilihatnya kog ya enak…aneh kan? hheehe

Rangka-KTM-RC390-GIIAS-2016-BMspeed7.com_Bergeser dikit kebelakang,saya menemukan nomor rangka KTM RC390 alias VIN number dengan huruf  awal VBKxxxxx yang artinya kode negara Austria,kalo Indonesia pakai MH bla bla ba…Jepang JH blablalbala…tapi kog aneh yak katanya ini motor KTM yang diimpor PJLM berasal dari Asia (India) lah kog pakai nomor Austria…tapi mungkin saja gitu meski rakitnya di Asia bisa saja kode rangka motor KTM pakai negara asal (Austria).

Lantas jangan lupa untuk melihat bagian detail rangka-nya sob,asli ini desain bener bener ‘out of the box’ banget..khas produk eropa lah…las lasan sangat rapih sekali…makin ngejreng berkat semprotan warna orange…..

Fairing KTM RC390
Fairing KTM RC390

Melihat fairingnya kog terkesan datar gitu ya… gak ada layer layer (tumpukan) gitu loh…kaya CBR250 atau R25, yah sekali lagi namanya juga produk eropa ya mencirikan apa adanya sob..bagi saya kurang bagus dibagian ini…

kokpit-ktm-rc390
Spidometer KTM RC390

Spidometernya kecil berbentuk kotak full digital …namun meski demikian isinya informatif loh…ketika dikontak on akan muncul saapaan ‘KTM Ready to Race’ ….ah masih keren vixi bisa nyapa yang punya ‘Hai Bro’ wkwkkwwk

kokpit-ktm-rc390
Stang Kemudi KTM RC390

Bagian kokpit kemudi pakai stang jepit bertipe Steel Clip-on Handle

Tuh bagian panel kemudi masih tradisional, gak ada yang istimewa disini sob…jika dilihat yang kiri itu bagian pengoperasian lampu-lampu dimana disitu ada tombol menyalakan lampu high/low,Pass,lampu sein,tombol klakson. Sementara yang kiri Tombol Start stop engine dan tombol starter.

tangki-ktm-rc390
tutup tangki rata

Tutup tangki BBM keren nih sob berlatar carbon plus ditempelin Logo KTM…makin ganteng lah

Nih sob,jangan terkecoh yak…ini bukan Cover jok loh kaya motor kemarin itu…melainkan ini adalah Jok yang dibikin serupa mungkin dengan model tempat duduk terpisah yang benar benar dipisah lalu didesain menyerupai cover seat cowl…Ingat sekali lagi hanya KTM yang ada model beginian…lain mah belum tau saya…baru di motor KTM khususnya RC200-RC390

lampu-rem-ktmrc390
bokong KTM RC390

Tampilan Bokong nih sob,seksi gak dari belakang…menurut saya sih oke dengan penyematan spakbor model mengatung. dan KTM sepertinya mencoba mengkamuflase lampu belakang nih…reflektornya kaya kesatuan dari body motor loh…tuh jika tidak dinyalakan siapa menyangka bahwa itu lampu.. So,disana ada stop lamp,tail light lampu plat nomor dan lampu sein.

ktm-indonesia
Knalpot terbenam didalam fairing

Nah,lagi lagi KTM bikin bingung konsumen…dimana letak knalot dibawah kolong atau diaman ini?? Dan ternyata KTM menyembunyikan Knalpot disamping fairng…tuh lihat yang saya beri tada panah ialah tempat dimana gas pembuangan dihempaskan melalui lubang knalpot underbelly sob…dan letak converter juga ada disampingnya…yang dibawah mesin ada kotak kecil item nah itu dia.

rem-belakang-ktmrc390
Rem Belakang KTM RC390

Setali tiga uang,depan pakai Brembo #eh maksudnya Bybre…belakang juga demikian sob,hanya saja karena ini dibelakang cakram tunggal berdiameter 230 mm. Berteknologi ABS juga.

Swing-arm-diecast-aluminium-KTM-RC390-BMspeed7.com_1Swing Arm Aluminium Die Casting nih…lebih keren juga plus lebih ringan

KTM-RC390
Gear belakang KTM RC390

Gear belakang KTM RC390 dikelir warna emas dengan bentuk palangnya sama persis dengan palang peleknya…makin keren pokoknya dah..

KTM-RC390-GIIAS-2016
Ban Pirelli Diablo Rosso II

Ban depan belakang pakai Pirelli Diablo Rossso II berukuran untuk depan 110/70 -17 (tubeless) dan belakang berukuran 150 / 60-17 (tubeless)…mantap kan? sekelas merek KTM saja sudah pakai ban merek Kondang…poin value for money bertambah…

spg-ktm
KTM RC390

Over all…keren bin kece lah untuk seukuran motor sport khas eropa…dibekali seabrek fitur yang membuatnya makin value for money plus dikasih embel-embel ‘terjangkau’ ,…harganya Rp 99 Juta (RC390) RC200 37 Juta dari 59,9 Juta sedangkan RC250 dari semula 74 juta sekarang hanya 48 juta !! . Tapi meski begitu bukan tidak memiliki kekurangan…ada beberapa detail motor yang saya perhatikan kurang rapi dalam pengerjaan..contoh saja rangka,meski diatas saya bilang rapi…ternyata pada bagian rangka yang menyambung ke segitiga masih kurang rapi,terlihat pada detail  sambungan las-lasan masih terilhat kasar…itu saja sob cerita saya seputar pandangan pertama KTM RC Series…tuh foto foto KTM RC390…model sama kog beda dimensi saja..plus disunat beberapa fitur saja.

 

16 Komentar

  1. sama seperti NinjaFi khan di rakit di Thai, impor dari Thai waktu itu tapi mesin dan sasis (klo gak salah) Jepang punya, dan klo beruntung suspensi juga Jepang punya (beruntung yang rusak kemarin di ganti ama KMI part Jepang – katanya feelnya beda dan ngigit)

  2. It’s appropriate time to make a few plans for the long run and it’s time
    to be happy. I’ve read this put up and if I could I desire to counsel you some fascinating things or tips.
    Perhaps you could write next articles relating to this article.
    I desire to learn more issues approximately it!

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Cara Memasang Lampu HID Projektor Pada Motor | BMSPEED7.com
  2. KTM Duke 250 Versi 2017 Resmi Rilis, Ini Spesifikasi, Fitur Dan Perbedaan Dengan Versi Lama !! | BMSPEED7.com

Orang Bijak Tinggalkan Jejak!