Mau Tau Letak Posisi Lampu Sein Honda CBR250RR Dimana? Nih… Tak Kasih Tau !!

lampu-sein-Honda-CBR250RR
Ada teman Klarifikasi soal letak lampu sein New Honda CBR250RR dua silinder

BMspeed7.com – sobat sekalian…Honda CBR250RR suskses bikin heboh pecinta roda dua Tanah Air,ada yang kesengsem mesem ,hingga yang tak suka naik pitam…dan berkoar di Medsos..edyan tenan iki… Nah,pada saat itu juga banyak reader (pembaca) yang menanyakan tentang motor tersebut,mulai dari spesifikasi, harga dan value tidak untuk di beli. dan tak kalah hebohnya adalah mengenai letak posisi lampu sein aka reting dimana…dan ternyata benar dengan dugaan sebelumnya.

Baca Juga sob !

Sebelum Honda CBR250RR resmi dirilis untuk pertama kali di Dunia oleh PT Astra Honda Motor (AHM) saya sempat menebak bahwa lampu sein ada pada lampu DRL lantaran tidak adanya tangkai lampu sein (kanan-kiri) seperti pada motor sport umumnya…terlebih lagi ,ketika saya melihat bagian spion kog gak ada lampu,lanjut pojok headlamp pun gak ada. Ya wis pasti ada pada lampu DRL (Daytime Running Light) layaknya mobil mobil eropa,atau saya pernah lihat juga Toyota Avanza yang dikasih lampu DRL alis dengan konsep seperti CBR250RR…lampu mati salah satu antara DRL dengan Sein/Winker/Reting.

Jadi hal seperti ini saya dulu pernah mengaplikasikan pada Honda Vario Techno rakitan 2012,bedanya dulu skema yang saya buat Lampu DRL (LED meteran) menyala gantian sama lampu Sein  ketika lampu sein di select (pencet) kanan atau kiri.

Cara ngoprek-nya simpel kog,sambung kedua ujung kabel LED meteran tadi pada positif sein dan satu ujungnya lagi ke positif lampu kota atau posisitif kontak sama saja. Loh,…Positif sama positif kog bisa nyala? jadi prinsip kerjanya itu berbagi arus potensio sob,jika kita mencet kesalah satu sein entah kiri atau kanan maka potensio positif akan ke lampu sein dan lampu kota tadi jadi positif dan sebaliknya jika lampu sein off (mati) maka arus potensio positif akan berbalik ke lampu DRL dan menyala terang alias tidak berkedip.

Cuman kasus pada lampu sein CBR250RR dua silinder ini ialah,kemungkinan pakai relay 5 kaki yang berfungsi mematikan/menghentikan arus positif salah satu lampu (sein/DRL).

lampu-sein-CBR250RR-nyatu-dengan-lampu-DRL
Letak lampu Sein Honda CBR250RR menyatu dengan lampu DRL. Foto : Otomotifnet.com

Kiranya itu saja info seputar tata letak posisi lampu sein All New Honda CBR250RR dua silinder yang bisa saya share ke pembaca sekalian…semoga berguna.

Orang Bijak Tinggalkan Jejak!