Kloning Mobil Range Rover Evoque, Pabrikan Asal China Ini Dituntut !! Kapokmu Kapan?

 Jiangling Landwind X7.-copy
Range Rover Evoque Kloningan. Foto : Reuters

BMspeed7.com – Kapokmu kapan? ya kalimat tersebut terbesit mana kala melihat geliat pabrikan China yang sering kali dengan adem ayem menjiplak atau bahasa kerenya kloning sebuah produk yang sebelumnya telah dipatenkan oleh pabrikan pembuatnya. Kali ini pabrikan Jiangling Motor  yang di tuntut Jaguar Land Rover soal peniruan model Range Rover Evoque melalui produk Jiangling Landwind X7 yang kini telah dijual bebas.

Baca Juga : Inilah XGJAO RZ35 Alias Yamaha R25 Versi Kloningan Tiongkok

Di kutip dari laman Reuter juru bicara Jaguar Land rover menuntut pabrikan Cina, Jiangling motor yang menjiplak secara keseluruhan mobil perusahaan Inggris, Range Rover Evoque yang mana hal tersebut sudah melanggar hak cipta dan menciderai kompetisi yang tiadak adil.

Mobil Jiangling Landwind X7 sudah diperkenalkan sejak November 2015. Sontak  menimbulan kritik dari berbagai pihak soal peniruan model Evoque yang hampir menyeluruh. Pada pameran mobil Shanghai Auto Show,crossover kontroversial telah menarik kemarahan dari Jaguar Land Rover.

“Saya benar-benar menyesal bahwa semua dari copy-paste tiba-tiba datang lagi,” kata Jaguar Land Rover CEO Ralph Speth pada konferensi pers. “Itu tidak akan membantu reputasi China, industri Cina sama sekali.”

Siapa yang tidak marah coba,butuh bertahun tahun menelurkan produk yang kiranya bisa diterima di konsumen, eh dengan enaknya pabrikan China ini mengkloning Evoque dari pabrikan Land Rover. Jika dilihat sama persis dengan Evoque asli baik pada lekuk body,garis body samping,lampu dan velg yang sama persis.

Bahkan Grille depan yang menjadi penciri Evoque pun sama persis pada Jiangling Landwind X7…ampun pakdhe 😀 konon kabarnya “mobil KW” ini di jual sepertiga dari Range Rover Evoque asli.

Kasus kloning seperti ini bukan hanya menimpa pabrikan Jaguar Land Rover saja,pada tahun sebelumya sebuah pabrikan asal China kedapatan mengkloning Honda CRV. Pada kasusnya membutukan waktu setidaknya 12 tahun untuk menyelesaikan proses atas pelangaran hak cipta itu . Tak hanya mobil saja,sering kali motor beken asal Jepang pun dikloning juga,sejumplah motor Jepang yang pernah dikloning  seperti Supra X, Jupiter series , Supra X 125,Honda Revo dan yang terbaru adalah motor sport Yamaha Yakni YZF-R25 yang dikloning oleh pabrikann  chongqing XGJAO company LTD  melalui produk berlabel XGJAO RZ35.

Thanks For Reading and Sharing.
Semoga bermanfaat
====================================
ikuti berita terbaru atau kontak BMspeed7 :
Email : masmuslim7@gmail.com
Fanspage FB : BMspeed7.wordpress.com
Twitter : @masmuslim7
Instagram : BMspeed7
WhatsApp : 0856-9282-5308
PIN : 5A21B461

 

Advertisements

2 Komentar

Orang Bijak Tinggalkan Jejak!