10 Fitur Motor Layaknya Fitur Mobil Mewah





Yamaha-MT-09-tracer
Mbak Beby Margareth asik berfoto diatas Yamaha MT 09 Tracer di IIMS 2016

BMspeed7.com – sobat sekalian…sesuai judul diatas ya,di malam yang cukup bising lantaran beberpa mesin jahit sudah mulai adu geber hehe,saya ada artikel mengenai ulasan beberapa fitur motor yang ternyata mengadopsi dari fitur-fitur yang ada pada mobil. Seperti apa sih fitur-fitur motor yang mengambil kiblat dari mobil? di artikel ini sobat akan menemukan jawabannya. monggo disimak ya sob. cekidot!

Sebagai informasi,Karena saya dulu pernah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang Otomotif Elektronik, terkadang dibenak saya ter ngiyang-ngiyang akan fitur mobil yang untuk¬† sekarang ini banyak dipakai mobil. “Saiki akeh tenan yo fitur motor koyok mobil canggih” translate indonesia (sekarang banyak sekali ya fitur motor kaya mobil canggih). ūüėÄ


Berawal dari hal demikian, saya coba mengingat ingat hal yang dulu pernah saya pelajari saat sekolah kejuruan dulu khususnya mengenai fitur-fitur berbau elektronik pada mobil dan ternyata beberapa fitur mobil itu kini juga dipakai pada motor loh sob,diantaranya adalah :

1.) Rem ABS (Antilock Brake System) adalah sebuah sistem pengereman canggih,dimana saat motor melaju kencang dan tiba-tiba mengerem mendadak ,tak akan terjadi slip sob. Karena disistem ini terdapat sensor kecepatan guna mendeteksi laju motor. Contoh motor yang sudah familiar menggunakan fitur ini Yakni Yamaha Nmax ABS.

2.) Alarm
Fitur pengamanan ini sejatinya ada pada mobil yang biasanya terhubung dengan sistem Central Lock alias pengunci pintu otomatis pada sebuah mobil yang sudah menjadi piranti wajib untuk keluaran mobil saat ini. Tapi,sekarang sepeda motor juga sudah mengaplikasikan fitur ini sob,tengok saja All New Satria Fu Injeksi yang menawarkan fitur pengaman ini. Dan beberapa moge aka motor gede pun sudah banyak aksesoris aftermarket untuk fitur ini. Merek yang  saya kenal yakni Vinyx.

3.) Immobilizer,seperti halnya fitur alarm,Immobilizer adalah fitur keamanan dengan racikan beberpa komponen elektronik didalamnya. Dengan adanya fitur ini motor seketika lumpuh total jikalau kunci tidak sesuai dengan motor. Karena modulator dan remot kontrol sudah menjadi satu kesatuan dari sistem elektronik yang telah terkonek djdalamnya. Motor yang sudah mengaplikasikan fitur ini adalah Yamaha All New GT 125 Eagle eye Special editon.

4.) Lampu Hazard fitur lampu sein kedua menyala ini mulanya tersemat pada semua jenis mobil akan tetapi untuk sekarang ini juga banyak sekali motor gede yang sudah ada fitur lampu hazard ini. Contohnya Honda NM4 Vultus, si skutik bongsor dari Honda yang kini dijual legal oleh AHM.

5.) Headlamp LED ,fitur terbarukan pada sistem penerangan ini sudah banyak sekali diaplikasikan oleh pabrikan untuk keluaran sepeda motor barunya. Kita ketahui lampu LED memiliki penerangan yang terang dan titik fokus maksimal. Namun sayangnya lampu model LED kurang maksimal menembus kabut. Colek saja All New Honda CB150R,All New Honda CBR150R,All New Honda Supra GTR150 ,Yamaha Xabre, All New Vario series,.Yamaha All New Soul GT dan masih banyak lagi motor yang sudah memakai headlamp LED.

6.) Riding Mode ( Mode berkendara)
Salah satu fitur ini bisa kita jumpai pada sejumplah motor gede. Dimana fitur Riding mode ini biasanya terdapat tiga pilihan mode yakni Dinamis,Sport dan Racing Sport. Motor yang sudah kedapatan mengusung fitur ini yakni MV Agusta F4, Ninja H2, Honda NM4 Vultus dan masih banyak lagi.

7.) ETC (Elektronik Traction Control) atau kontrol traksi ini adalah fitur yang masih ada kaitanya dengan kecepatan ini bekerja untuk mengontrol traksi motor saat melaju dengan kecepatan tinggi. Fitur ini sebisa mungkin mengontrol kecepatan, sehingga ban motor dipastikan tetap bercengkram dengan aspal . cara kerjanya yakni dengan memundurkan proses pengapian saat torsi dalam mesin melimpah sehingga bisa meminimalisir ban “ngambang” dari aspal kala kecepatan tinggi. motor yang sudah ada fitur ini adalah Kawasaki Ninja ZX6R,Suzuki VStrom 1000 ABS 2015 Touring dan juga Yamaha MT-09 Tracer.

8.) ESC (Elektronic Stability Control) alias kontrol stabilitas, dengan adanya fitur ini memungkinkan motor tetap stabil meskipun keadaab kecepatan tinggi saat merebah. Fitu ini sudah di mapping dengan ECU motor dan terkoneksi dengan sistem ABS,sehingga pengereman bisa disesuaikan dengan kecepatan motor dan fitur ini juga menentukan besaran pembukaan gas yang aman. Contoh motor yang ada fitur ini adalah BMW 1000RR.

9.) Super Charge (mesin turbo), untuk fitur ini mungkin terbilang sangat waow sekali mana kala tersemat pada motor,karena pada awalnya fitur ini hanya ada pada mobil,itupun mobil mewah. seperti Nissan GTR,Honda Civic Turbo 2016,Hyundai Santa Fe . Ok memang wajar kalau ada pada mobil mewah. Tapi apa jadinya jika fitur ini terdapat pada sebuah Motor.. beuh..sadis memang keliatanya.. tapi itulah faktanya,kini fitur tersebut ada sebuah motor. misal saja Kawasaki Ninja H2 dibaca Ha Ha…dan masih ada lagi motor lainya yang sudah ada fitur ini guna meletupkan tenaga yang dahsyat.

10.) Suspensi Aktif,mulanya fitur ini diperuntuhkan untuk mobil berkelas. Tapi,seiring dengan berkembangnya zaman,suspensi juga dipakai motor motor balap semisal MotoGP. Bahkan sejumplah motor street legal pun juga sudah mengusung fitur ini sebagai peningkatan dari segi kenyamanan dan juga keamanan. Cara kerja dari suspensi aktif adalah mengatur seberapa besar tekanan yang disumbang saat bermanufer dan tiba-tiba terjadi pengereman, Nah,pada kondisi itu dibebankan pada kendaraan (chasis) itu sendiri. kalau istilah Jerman namanya Yawing sebuah keadaan dimana kendaraan akan menyimpang pada jurusnya atau istilah gampangnya akan bergeser kekiri atau kekanan saat proses pengeremam jikalau suspensi tak mampu meredam getaran tersebut. Contoh motor yang sudah ada fitur suspensi aktif adalah Ducati Panigale 1199R.

Last,dengan seabrek fitur-fitur mobil canggih yang kini dibawa pada motor tentu menjadikanya kelebihan tersendiri dan tak kalah menariknya adalah tentu soal “value for money” yang bagus. Ouh iya..barang kali sobat mau nambahin fitur motor yang mengadopsi dari mobil? monggo sob! 10 Fitur Motor Layaknya Fitur Pada Mobil Mewah.

Yuk!! intip motor dengan fitur canggih ala mobil mewah.

all-new-Honda-CBR250RR-2-silinder
All New Honda CBR250RR 2016 yang bentar lagi mau dirilis juga calon motor berfitur ala mobil mewah sob
Yamaha-R1M
Yamaha R1M edisi ulang tahun Yamaha ke-60 tahun
SUZUKI-VStrom-1000-ABS-2014-Touring
Suzuki VStrom 1000 ABS 2015 Touring
BMW-s1000rr
BMW S1000RR
Kawasaki-H2R-Balap
Kawasaki Ninja H2R
Ducati-panigale-1999-red
Ducati panigale 1999 2013 warna merah

Foto : Pertamax7 dan Google

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA :

Thanks For Reading and Sharing.
Semoga bermanfaat
====================================
ikuti berita terbaru atau kontak BMspeed7 :

 

About Mas Muslim 1277 Articles
Hallo om,salam kenal, saya Mas Muslim admin tunggal dari blog ini,terima kasih banyak sudah berkunjung,komen,share dan berlangganan diblog WWW.BMSPEED7.COM | Semoga bermanfaat

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*