Tanya Surat Tugas Malah Di Pukul Polisi…Seburuk Inikah Polisi Kita?

adu-mulut-polisi-vs-bikers-hingga-di-pukul

BMspeed7.com – lagi,kejadian tanya surat tugas dimarahi polisi kembali terulang,setelah beberapa hari lalu ada bikers meminta surat tugas terus ditilang padahal ia jelas lengkap. namun dengan alasan sudah melawan polisi akhirnya ditilang. Padahal razia jelas jelas gelap alias ilegal. Seperti  halnya dengan kejadian yang dialami bro widyoastono yang kini lagi viral di facebook perihal tanya surat tugas saat ditanya surat kelengkapan motor oleh polisi,namun bukannya ngasih bukti ke pengendara bahwa polisi punya suarat tugas ,eh malah marah marah hingga mengayunkan tangan ke bikers tadi. Sungguh ironi sekali polisi di negeri ini.

Ini dia curahatan widyoastono yang kini sudah viral di grup Facebook

Hati2 terhadap tiga petugas ini. Sangat ringan tangan. smile emoticon

Kronologis..

Perapatan duren,  Kampung sawah, Ciputat.

Saya mengendarai motor dalam kondisi macet dari segala arah dan sedang berhenti nunggu giliran. Tiba2 disuruh menepi oleh petugas polisi untuk ditanya surat2 kendaraan. Di lokasi tersebut tidak ada papan pemberitahuan razia atau pemeriksaan.

Saya menepi dan bertanya kepada petugas tersebut untuk melihat surat tugas mereka secara baik2. Petugas yg bernama NASUTION tiba2 membentak2 saya sambil membawa saya ke komandannya yg bernama AGUS.S. Ketika bertemu dengan komandannya, saya tanya kenapa saya dimintai surat2. pelaku NASUTION masih bicara emosi tinggi. Jelas saya tidak terima, saya bicara baik2. kemudian datang lagi satu petugas anak muda berkulit gelap (tidak tahu namanya siapa) ikut marah2 ke saya. Kembali saya menjelaskan bahwa saya hanya bertanya dan menegaskan ke mereka kenapa harus dengan emosi.

Tiba2 saya dipukul oleh NASUTION dan temannya yg berkulit gelap ikut memukuli saya. Tidak cukup 2 orang memukuli saya, masih ditambah lagi ada seorang petugas sudah tua langsung datang dari jauh dan ikut memukuli saya. Total ada 3 orang memukuli saya saat itu. Beruntung saya masih memakai helm.

Kejadian tersebut berlangsung di depan komandannya dan dia hanya melihat saja sampai saya sudah terpojok baru dia memisahkan.

Setelah pemukulan tersebut, jelas saya tidak terima dgn kejadian ini. Saya langsung mengambil handphone untuk memfoto para pelaku pemukulan tersebut. Saat difoto mereka menutupi badge nama mereka (lihat foto). Mereka selalu mengelak saat difoto. Dan dua pelaku yang tua dan yang berkulit gelap tiba2 menghilang. hanya tersisa pelaku NASUTION.

Saya tanya ke komandannya nama2 mereka dan dia hanya menjawab “GAK TAU”. Kembali saya tegaskan ke komandannya untuk memberitahukan nama2 anak buahnya dan jawabannya tetap sama “GAK TAU”. Kemudian saya bilang ke komandannya untuk memperkarakan kasus pemukulan ini. Kemudian komandan tersebut mengajak saya ke warung untuk minum kopi dan saya tolak. Saya tetap memperkarakan pemukulan ini. Komandannya hanya blg “iya iya”. Saya tanya dari kepolisian mana dan dia menjawab “TANGERANG”.

Info tambahan:

Surat perintah tugas tertulis di Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 80 Tahun 2012, bagian kelima, pemeriksaan, pasal 15.

Tanda pemeriksaan kendaraan bermotor tertulis di Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 80 Tahun 2012, bagian kelima, pemeriksaan, pasal 22.

Sebagaimana yang tertera pada peraturan pemerintah PP No 42 Tahun 1993, pasal 15 disitu disebutkan bahwasanya razia sah harus dilengkapi papan tilang yang diletakkan minimal 100 meter sebelum lokasi. Kemudian pada pasal 13, harus ada surat tugas. Sebelum menunjukkan SIM dan STNK, suruh polisi menunjukkan surat tugasnya.

Jangan mau ditilang oleh polisi tidak bertanggung jawab.Jika mengetahui ada anggota Polri atau PNS Polri yang melakukan tindakan menyimpang, segera catat nama, pangkat dan kesatuan anggota tersebut dan melaporkan ke Div Propam Polri melalui No Telp (021-7218615) atau pengaduan Online di Website Div Propam Polri.

adu-mulut-polisi-vs-bikers-hingga-di-pukul

Advertisements

2 Komentar

  1. saya punya pngalamn buruk juga,,telat sim…ktanya suruh bayar 200rb kalo dpngadilan..kalo lgsung ga sgitu…pdhal ak pnah sdg dan hnya 50rb…aku ttp blg”sidang aja pak” muka sipol lgsung brubah jelek..kya ga suka plihanku..bknkah itu yg seharusnya??trus ak mnta sim aj yg dthan..(soalnya mtore cewku,kan cm nawar aja) trus polisune jelasin ngotot2…”trus saya ambil fto..polisinya blg”ya fto aja gpp trus d upload..ya aku pto bnran org polisinya yg nyuruh..”jenggg…jenggg…polisinya tba2 brdri blg”km uda di baikin malah..”smbl tngan nyengkram kerahku..aku bilang,ya kalo legal dfoto ga msalah kan..kcuali klo ilegal..trus pipiku dgampor tangan,,aku diseret2 ke ruangan kosong dmaki2 sipol dan kawan2..ktanya aku bisa dipenjara krna ambil fto tnpa ijin…what???aku bilang ya gpp..klo mmg hrus dpidana..akhrnya ad slh 1 yg mnegosiasi,,senior kyake,,ngmng e lbh halus,tp ttp saja menyudutkun aku yg salah..ya salah si terserah..tp bukane ga harus SEAROGAN ITU?kalo 1 lawan 1 aku ga msalah… lawn sermbongan gaes,,,mnding ngalah,,gara2 itu jam tanganku sampe putus dan saya simpen smpe sekarang.. SALAM BUAT POLSEK SALAM MAGELANG..

    Reply

Orang Bijak Tinggalkan Jejak!