Fungsi Lubang Rem Cakram Selain Dongkrak Tampilan Plus Keamanan





rem-CBR1000RR-SP
Rem Cakram CBR1000RR SP untuk sisi depan sudah dobel disc (kanan-kiri)

BMspeed7 – Brosis sekalian…untuk sekarang ini banyak sekali sepeda motor yang sudah memberikan fitur pegereman berupa rem cakram. Bahkan tak jarang untuk model tertentu sudah mengusung rem double disc (depan dan belakang pakai rem cakram). Lantas apa keistimweaan rem cakram pada sepeda motor? Plus apa fungsi dari lubang yang terdapat pada rem cakram? Mari kita cek sama-sama.

BACA JUGA :


Rem cakram merupakan upgarde dari rem tromol,dimana dalam rem cakram tak akan menjumpai komponen brake shoes aka sepatu rem lagi disini kita hanya akan menemukan komponen utama dari rem cakram sendiri yakni cakram aka piringan/disc plus kaliper berserta brake pad yang ada didalamnya.

Rem cakram diklaim mampu memberikan pengereman secara maksimal karena pad bergesekan langsung dengan piringan. Jika kita lihat pada komponen rem cakram yakni disc aka piringan,disitu terdapat lubang kecil kecil mengitari seluruh piringan.. Selain memberikan keamanan berupa tempat untuk mengembok motor ketika diparkir,lubang pada rem cakram ini juga memberikan tampilan motor menjadi menarik. Dari kejauhan Terlihat titik-titik berirama. Tapi,lubang kecil tersebut ternyata juga berfungsi untuk mendinginkan cakram/disc saat pengereman berlangsung.

Sebagaimana yang dikutip dari otomania,lubang kecil pada rem cakram memang memiliki fungsi lain.
Fungsi lubang pada cakram sebenarnya di desain bukan untuk menaruh gembok, tapi sebagai pelepas panas dari gesekan dengan kampas saat rem digunakan,” ujar Slamet Pamuji, dari Selta Motor .

Jadi lubang pada piringan cakram pada motor itu  berfungsi layaknya ventilasi udara manakala rem di injek disitulah akan terjadi gesekan hebat antara piringan dan kampas yang membuat laju kendaraan menjadi melambat.

Pada proses tersebut akan membuat piringan/disc menjadi panas. Jadi, dengan adanya ventilasi berupa lubang, akan berfungsi sebagai pembuangan panas tadi sob.
Ibaratnya seperti ventilasi saja, makin banyak lubangnya makin cepat membuat panasnya. Tapi biasanya sudah dilakukan pengetesan di pabrik, jadi jangan dimodifikasi sembarangan seperti menambah lubang,” tambahnya.

Lebih dari itu sobs,ternyata lubang pada piringan/disc tersebut berpengaruh pada berat kendaraan plus memperluas penampang panas ketika pelepasan panas. Yah ..seperti radiator saja lah,penampang lebih besar maka akan semakin mudah mendinginkan panas mesin. Sekedar informasi,semakin besar diameter dan lebar kampas akan berpengaruh daya cengkram pada saat pengereman loh..makanya motor gede (moge) pasti cakramnya gede udah gitu dobel lagi kanan-kiri kaya pict terlampir diatas sob! Itu punya CBR1000RR SP.

BACA  ARTIKEL MENARIK LAINNYA :

Thanks For Reading and Sharing sob.
Semoga bermanfaat
====================================
ikuti berita terbaru atau kontak BMspeed7 :






About Mas Muslim 1340 Articles

Hallo om,salam kenal, saya Mas Muslim admin tunggal dari blog ini,terima kasih banyak sudah berkunjung,komen,share dan berlangganan diblog WWW.BMSPEED7.COM | Semoga bermanfaat

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Katanya Knalpot Racing Gak Boleh Pakai Di Motor…Nyatanya Polisi Pakai Knalpot Racing Juga !! | BMspeed7.com
  2. Ducati Multistrada 1200 Enduro Dan Ducati Xdiavel Diperkenalkan Pertama kali Di Indonesia | BMspeed7.com
  3. Cara Membeli Domain .Com (dotcom) Di Rumahweb Berdasar Pengalaman Pribadi | BMspeed7.com
  4. Launching Supra GTR150 Tanggal 25 Mei…Semakin Dekat euy ! | BMspeed7.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*