Honda Jepang Kembangkan Transmisi Kopling Ganda Untuk Line Up Motor Sport

honda-kembangkan-transmisi-kopling-ganda
Pict : VisorDown

BMspeed7 – Brosist sekalian…kabar datang dari pabrikan sayap mengepak,Honda. pabrikan asal negeri sakura tersebut kini sedang mengembangkan mesin bertransmisi kopling ganda untuk jajaran produk motor sport.


BACA :

Transmisi kopling ganda motor honda lebih dikenal dengan sebutan Girboks Dual Clutch Transmission (DCT)

Dikutip dari Visordown, Jumat (25/3/2016), insinyur Honda DCT, Kosaku Takahashi telah mengonfirmasi hal itu. Saat ini, DCT sudah tersedia di beberapa motor Honda seperti NC750X, Africa Twin dan VFR1200F.

Saat ini, motor sport seperti CBR600RR belum tersedia pilihan DCT. Namun, di waktu mendatang kemungkinan motor sport itu bakal dilengkapi transmisi DCT.

Hambatan jika motor honda menerapkan transmisi DCT adalah bobot dari motor tersebut semakin berat karena dimensi transmisi lebih besar dan lebar lantaran menopnag dua kopling sekaligus.

Ambil contoh pada honda NC750X dan Africa Twin, kedua motor itu lebih berat 10 kg. Namun, Takahashi menyebut bahwa Honda sedang mencari solusi untuk masalah itu.

Menurut Takahashi, jika Honda mengadu balap antara dua motor dengan transmisi tradisional dan DCT, maka motor dengan DCT akan lebih cepat. Sebab, cara kerja transmisi yang mulus membuat tidak akan ada lagi kehilangan dorongan selama pergantian gigi.

Dia juga mengklaim, motor MotoGP Honda RC213V bakal lebih cepat dengan DCT dengan motor bertransmisi tradisional berat yang sama.  wihh mantep ki !!

Apakah Honda CBR250RR K64 yang sedang menjadi pembicaraan hangat banyak kalangan juga akan menerapkan transmisi DCT? Kita tunggu saja gebrakan dari Honda selanjutnya.

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINYA :

Semoga bermanfaat
====================================
ikuti berita terbaru atau kontak BMspeed7 :
Email : masmuslim7@gmail.com
Blog : https://bmspeed7.wordpress.com/
Facebook : BMspeed7.wordpress.com
Twitter : @masmuslim7
Instagram : BMspeed7
WhatsApp : 0856-9282-5308
PIN : 5A21B461

Advertisements

12 Komentar

  1. CBR 250 RR all new yg lagi digodok bakal make DCT developed dgn bobot tereduksi, ? saya ga yakin deh
    make DCT yg diadopsi dari honda NC750X dan Africa Twin itu aja saya ragu, ntar bandrol berapa?
    kehadiran Ride by/throttle by wire, plus riding mode, ABS dan mungkin front suspension yg USD saja kayanya itu bakal jadi menu di kelas dgn banderol harga teratas,
    yg lbh trjangkau bisa jadi minus USD &ABS,

    tapi klw misal slippery clutch ga dimonopoli paten nya oleh 1 manufaktur, dan dihadirkan di bandrol termurah mungkin akan jadi nilai tambah.
    jika yg CBR 250 rr twin nya itu termurah misal di bandrol di rentang 68-69,5 jt.
    yg full fitur, mau dilepas di 75 jt juga (buat yg ngebet ) ya tetep dihajar juga ntar
    IMHO

    • Iya,menurut gosip juga begitu om,harga CBR250RR bakal tembus 70 an jutaan menggingat fitur dan spek kelas moge. Tpi ngak tau deh bener apa kagaknya kurang tau..tunggu saja bocoran demi bocoran pasti brojol..

  2. Lha nek aku kok malah kepingin ono motor sport matic gede wae koyo Gilera DNA, tapi nganggo rantai koyo Revo matic & Yamaha Lexam ben ramping. Tongkrongane moge, operasionale skutik, Lincah tanpo oper gigi, he3

Orang Bijak Tinggalkan Jejak!