Inilah Perkembangan Suzuki Satria,Pelopor Bebek Sport Transmisi 6 Speed





satria-dari-masa-ke-masa
Metamorfosis Suzuki Satria

BMspeed7 – Brosist sekalian…siapa sih yang tidak kenal Suzuki satria?,”si motor kencang” dari Suzuki. Motor bebek sport superior ini awal meluncur untuk pertama kalinya di indonesia pada tahun 1997 dengan label satria 120S. Motor ini sekaligus menjadi ikon pabrikan motor Suzuki sobs..kenapa?? karena sejak dulu motor inilah yang menjadi tulang punggung penjualan suzuki. Mindset masyarakat ketika memandang suzuki ya satria,motor satria ya suzuki. Kiranya begitu kehebatan suzuki satria. Joss ?

Nah,Ada beberapa fakta menarik nih kalau ngomongin sejarah suzuki satria dari tahun ke tahun. BMS sudah merangkum fakta dan metamorfosis suzuki satria di tanah air kurang lebih sebagai berikut :
1.) selama eksistensi 19 tahun,Suzuki satria sudah mengalami 9 perubahan yakni facelift 6 kali dan major change 3 kali.

2.) suzuki satria adalah motor bebek pertama dengan desain paling menarik di kelasnya pada waktu itu.


3.) Motor bebek pelopor transmisi manual 6 percepatan dengan konfigurasi pengoperasian seperti motor sport yakni gigi 1 ke depan dan gigi 2 sampai seterusnya ke belakang.

4.) Motor bebek dengan fitur kopling tangan pertama di indonesia.

5.) motor bebek pertama yang di bekali dengan rangka model deltabox,cuman makin ke sini kog rangka deltabox yang tadinya kotak pipih kog jadi bulet ya.

6.)pertama,motor bebek sport dengan mengadopsi lengan ayun (ARM) model Monoshock dengan Shockbreaker tunggal di tengah layaknya motor sport sekarang. Kiranya segitu faktanya
Ada yang mau nambahin 🙂 monggo !!

Lantas,perkembangan aka metamorfosis satria dari tahun 1997 sampai tahun 2016 seperti apa yak?..yok brosist mari di intip bersama.

Suzuki satria 120S Tahun 1997

suzuki-satria-120-S-tahun-1997

Inilah Motor bebek sport suzuki untuk pertama kalinya yang mengusung nama satria. ceritanye ini cikal bakal hadirnya satria sampai sekarang ini sobs. Motor ini dulunya cuma di hargai 4,6 juta saja. spesifikasi basis mesin dari RG-sport dengan mewarisi rangka deltabox,motor dengan konfigurasi 2 stroke alias dua langkah yang  mengendong mesin kubikasi 120 cc dengan pengaturan katup buluh,mesin tegak tunggal,pengabutan karburator merk mikuni,berpendingin kisi kisi/ udara, dengan power maksimal 15,5 PS di putaran 8000 RPM.

Suzuki Satria 120R Tahun 1998

suzuki-satria-120-R-tahun-1998

Setahun setelah hadirnya satria 120S di tanah air,Pabrikan motor suzuki kembali meluncurkan satria 120R yang notabene adalah versi penyempurnaan dari sebelumnya yakni hadirnya transmisi manual 6 speed dengan pengoperasian gigi 1 ke depan dan gigi 2 sampai 6 ke belakang di tunjang kopling tangan,Rem belakang sudah cakram bahkan varian SE sudah ada velg CW model palang 3 yang terakhir adalah tersedia varian warna dual tone.
Minusnya tak ada electrik starter.

Suzuki Satria 120 LSCM (Satria Hiu) Tahun 2004-2005

Suzuki-satria-hiu-2004

Ini adalah Versi ke tiga dari suzuki satria.dimana versi ini adalah major change dari sebelumnya yang di datangkan langsung dari negeri jiran,Malysia. Motor ini juga di sering di sebut masyarakat indonesia sebagai satria hiu lantaran batok lampunya mungil seperti kepala Hiu.hehe:mrgreen:

Suzuki Satria F150 Tahun 2004

image

Jangan kaget sobs, kenapa suzuki satria F150 ini hadir 2004. Yaps,karena motor ini adalah motor impor alias CBU (completelly build Up) dari negeri gajah putih,Thailand. Motor yang di indonesia berlabel satria ini menggunakan basis sama mesin dengan suzuki rider 150 yang di thailand,yakni mesin 150 cc,DOHC 4 katup,6 speed/percepatan dan pendingin radiator.bedanya rider sama satria adalah ada pada fairing alias penutup mesin di bagian samping Harganya kala itu 17 juta OTR Jakarta.

Suzuki Satria Fu 150 CKD Tahun 2005

suzuki-satria-fu-150-ckd

Sesuai namanya motor satria generasi ke lima ini adalah menyandang status CKD yaitu completelly knock down. Dengan basis produksi di indonesia dan harga lebih mahal 1 juta dengan satria tahun 2004. Satria ini sering di sebut juga satria engkel oleh beberapa bikers di tanah air .ouh iya karna CKD jadi satria ini sudah ada elektric starter.

Suzuki satria Fu 150 Tahun 2007

suzuki-satria-f150-lokal.jpg

Selanjutnya adalah satria generasi ke enam yang di produksi PT suzuki indomobil sales . seri suzuki satria fu 150 ini terkena penyegaran yaitu dengan pembaruan desain pada
headlamp pertama yang mirip dengan Suzuki GSX-R Series. Basis Mesin motor ini masih sama hanya saja sudah di sematkan dengan fitur Suzuki Drive Mode Switch atau lebih di kenal dengan  S-DMS.

All New Suzuki Satria Fu 150 Tahun 2013

suzuki-satria-model-2013-warna-hyper-pink.jpg

Sebagai bukti kecintaan pada konsumen,Lagi lagi PT Suzuki indomobil sales melakukan penyegaran atau facelift yakni ubahan pada batok lampu yang lebih lebar dari versi sebelumnya dan perubahan body terutama pada fairing dengan di tunjang pilihan striping baru yang lebih keren.

New Suzuki Satria F150 EURO 3 2015

suzuki-satria-f150-euro-3-se-warna-gold.jpg

Pada tahun 2015 silam pemerintah mengeluarkan regulasi baru dimana semua pabrikan otomotif harus membuat motor dengan lolos uji emisi EURO 3,dari regulasi itulah PT Suzuki Motor kembali merilis satria Fu 150 facelift dengan sedikit perubahan yakni pada headlamp yang lebih meruncing dan terlihat padet tak melebar seperti sebelumnya. Striping baru dengan tulisan “Satria” lebih besar.Pewarnaan velg ngejreng pada versi SE ada dua warna yaitu Merah dan Gold. perubahan berikutnya Terjadi pada knalpot yang lebih runcing nan mungil. Ouh iya, pengapian juga di update sobs, terbukti dengan hadirnya CDI baru.

All New Suzuki Satria F150 Injeksi (Fi) Tahun 2016

suzuki-satria-f150-injeksi-2016

Ketika tahun 2015 PT Astra Honda Motor  tercium sedang mengodok New Sonic 150R,Suzuki sedikit ketar ketir ternyata,karena pada New sonic 150R di rilis langsung di sambut hangat di pasar roda dua khususnya di segmen bebek sport ayago . Praktis penjualan Suzuki satria Fu 150 mengalami penurunan karena kalah saing dengan Honda New Sonic 150R yang secara desain lebih eye catching serta di tunjang dengan teknologi dan fitur terbaru. Tak terima tahta ayago di rebut AHM,Akhirnya PT SIS kembali meluncurkan All New Satria Fu 150 Injeksi pada 16 februari 2016, sesuai namanya varian teranyar satria ini di bekali dengan teknologi Injeksi (fuel injection) dengan desain major change. Spesifikasi all new satria injeksi ini mengusung mesin 150 cc,DOHC 4 katup, headlamp full LED,spedometer full digital dengan muntahan power 18 HP.

Last…tak bisa di pungkiri perjalanan suzuki satria ini memang sangat legendaris sebagai motor “bebek sport kencang” bahkan setelah hadirnya satria injeksi yang diakui mempunyai mesin powerful,kedepanya pabrikan suzuki akan mengembangkan mesin satria seri anyar ini untuk menjadi basis perkembangan motor sport suzuki.

BACA  ARTIKEL MENARIK LAINNYA :

Thanks For Reading and Sharing.
Semoga bermanfaat
====================================
ikuti berita terbaru atau kontak BMspeed7 :






About Mas Muslim 1397 Articles

Hallo om,salam kenal, saya Mas Muslim admin tunggal dari blog ini,terima kasih banyak sudah berkunjung,komen,share dan berlangganan diblog WWW.BMSPEED7.COM | Semoga bermanfaat

5 Komentar

  1. sebenarnya cuma kejadian di Suzuki Indonesia yang mana sebuah tipe “menyeberang” dari genre asalnya, contohnya yaaa: Satria ini, ketika awal mulanya dari seri RG dengan basis mesin RG Sports, seharusnya ketika jadi ayago dia berubah jadi Stinger (versi ayago dari RG120), tapi apa mau dikata, ketika dia “menyeberang” dan berubah jadi ayago Suzuki Raider yang naik kelas jadi 150 cc dan 6 speed (dengan cikal bakal FX series – FX110, mesin 4 tak 110cc tegak 5 speed dan FX125, mesin 4 tak 125cc tegak 5 speed – untuk bebek serta Raider series – bermesin sama dengan FX125 – untuk versi ayagonya), dia tetap menyandang nama Satria demi mempertahankan image sebagai motor kencang dan tulang punggung penjualan Suzuki Indonesia.

    *sebetulnya pinter juga sih ide Suzuki menanamkan brand image sedalam2nya demi loyalitas konsumen, sayangnya hal itu cuma berlaku untuk satu tipe motor saja, sementara seri dibawahnya gonta-ganti nama, contohnya seri bebek 4 taknya, dari Suzuki Shogun 110, beralih ke Smash 110 (berbasis Suzuki Best 110, sementara nama Shogun dibilang naik kelas dengan basis Suzuki Best 125), lalu ganti nama lagi jadi Shooter, kemudian jadi blunder ketika bikin versi ayago dengan nama Satria 110.. sementara Shogun sendiri berevolusi jadi Arashi dan Axelo.

    • Yang sangat disayangkan suzuki tak mau menanamkan nama shogun menjadi kelas yang lebih tinggi,padahal nama shogun kaya supra, cukup legend di masyarakat indonesia..coba saja suzuki keluarin bebek super 150 pke nama shogun pasti bakal laris kaya shogun R.
      Misal saja shogun SP 125 ,itu juga keren loh dulunya

      • nah itu dia yang dulu sempat kepikiran..

        Halo, Suzuki, bagaimana? idenya sangat masuk akal, nih… coba direalisasikan, kalo memang punya niat bangkit kaya jaman Crystal, Tornado dan RGR.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*