Ford Hengkang Dari Indonesia,Lantas Bagaimana Dengan Layanan Purna Jual Dan Suku Cadang???





ford-hengkang-dari-indonesia

BMspeed7 – Brosist sekalian…Lagi hott nih berita Ford motor indonesia yang memberikan statement akan hengkang dari tanah air. yup,PT Ford Motor Indonesia (FMI) resmi mengumumkan bahwa Ford Motor Company akan berhenti beroperasi di Indonesia mulai paruh kedua tahun ini. Penutupan ini baru diketahui FMI Senin (25/01/2016) pagi. Penutupan ini berimplikasi luas. Selain membuat karyawan Ford harus dirumahkan, konsumennya pun bingung akan nasib layanan purna jual, serta servis dan suku cadangnya.


Ford indonesia akan bernasib sama seperti chevrolet akibat ganasnya persaigan industri otomotif roda 4 di tanah air..di ketahui dari tenaga kerja di 44 jaringan autorized ford harus kena imbas dari penutupan ini.

“Semua diberhentikan termasuk karyawan dan top management FMI yang sekira total 35 karyawan,” kata Direktur Komunikasi FMI, Lea Kartika. “Tidak ada yang ditarik ke regional.”

Sementara juru bicara Ford Asia Pasifik, yang dikutip Reuters mengatakan, alasan mendasar dibalik penghentian operasi ini adalah karena dua faktor yakni minimnya penjualan dan tak adanya pabrik perakitan.

karena basic produksi ford asia ada di thailand. so,otomatis FMI kudu import utuh alias CBU (component built up) Nah,dengan FMI mengimpor tentunya harga akan jadi mahal dan di situlah persaingan penjualan susah bersaing dengan pabrikan lainya.

“Di Indonesia, tanpa manufaktur lokal .. tidak ada jalan sama sekali pabrikan dapat bersaing di pasar itu, dan kami tidak memiliki manufaktur lokal,” ujar juru bicara Ford Asia Pasifik yang berbasis di Shanghai, Tiongkok.

Ford indonesia selama ini memang tak mendapat angin baik di Indonesia. Terlebih sepanjang tahun lalu yang hanya mencatatkan wholesale 4.986 unit.

Dari sekian model, hanya EcoSport yang terlihat cemerlang. Model low sport utility vehicle (LSUV) ini Menurut data Gaikindo, hanya terjual 2.713 unit. Padahal 2014, mobil ini menuai performa yang cukup bagus dengan 5.603 unit.

menggingat produsen mobil dari negeri pamansam tersebut perlahan lahan akan mati dengan sendirinya akibat persaingan yang begitu ketat baik di segmen Sedan,MPV,SUV,maupun Crossover

pada segmen SUV Ada Honda BR-V, Terios, Rush, dan Mazda yang bakal memasukkan CX-3.

namun ada tapinya sobs bahwa sebenarnya di segmen SUV, Ford punya  all new Everest yang mengusung fitur lengkap di kelasnya. Mobil ini dari sisi teknis punya nilai lebih menghadapi pesaing seperti Fortuner, Pajero Sport, dan MU-X. Tapi Ford gentar. karena apa?? karena tidak memberikan value yang berarti.

Managing Director FMI Bagus Susanto menjelaskan, keputusan ini datang langsung dari pihak prinsipal dan pihaknya sudah diberikan informasi sebelumnya. Tetapi, tidak bisa berbuat apa-apa selain menghormati dan mengumumkannya kepada semua pihak yang terkait.

“Keputusanya saya diberi tahu, pada dasarnya keputusan perusahaan adalah seperti ini, kita harus umumkan secara transparan ke seluruh pihak yang terkena dampak,” ujar Bagus di markas besar FMI di Wisma Pondok Indah II, Lantai 16 Suite 1601-1602, Jalan Sultan Iskandar Muda, Jakarta Selatan, Selasa (26/01/2016) malam.

Bagus seperti dilansir Kompas mengatakan, masih ada keputusan yang belum final sehingga ia belum bisa membeberkan informasinya secara lengkap. Bagus berjanji, jika keputusannya sudah lengkap akan segera diinformasikan ke seluruh pihak terkait.

“Nanti kita akan informasikan kepada konsumen, diler dan pihak lainnya. Sekarang ini masih belum final, seperti nantinya diler akan seperti apa dan lain sebagainya,” kata Bagus.

Lebih lanjut Bagus menambahkan, keputusan ini sangat tidak disangka dan diharapkan. “Jujur saja saya sama sekali tidak berharap semua ini bisa terjadi, tetapi ini adalah keputusan dari prinsipal yang harus kita hormati dan umumkan kepada semua pihak,” ungkap Bagus.

Ia juga menegaskan, intinya FMI sudah transparan menginformasikan semuanya kepada masyarakat Indonesia, terutama para konsumen dan diler. “Maka dari itu kemarin kita tidak sembunyi-sembunyi, kita berikan informasi ke konsumen di situs resmi kita. Semuanya sudah jelas dan ini adalah keputusan kita,” ujar Bagus.

Layanan purna jual dan suku cadang

Sejumlah pemilik mobil Amerika Serikat (AS) itu pun ketar-ketir, mereka dikabarkan langsung mempertanyakan bagaimana layanan purna jual bila Ford tutup di Indonesia. Apalagi dalam keterangan resminya, FMI selaku Agen Pemegang Merek (APM) hanya menjamin layanan tersebut hingga tahun ini.

“Kami ingin memastikan bahwa Anda dapat terus mengunjungi dealer Ford untuk semua dukungan layanan penjualan, servis, dan garansi hingga beberapa waktu ke depan tahun ini,” kata Bagus.

Namun, pernyataan ini justru menimbulkan pertanyaan lain. Bagaimana layanan purna jual Ford ke depannya?

Menurut Lea Kartika, masalah layanan purna jual saat ini masih dipikirkan oleh Ford prinsipal dan Indonesia.

“Ada beberapa yang masih dipikirkan, termasuk layanan purna jualnya,” kata Lea.

Kemungkinan, kata Lea, layanan masih di bawah tanggungjawab FMI hingga tahun ini. Sementara untuk tahun-tahun berikutnya, Ford akan bermitra dengan bengkel-bengkel untuk memasok suku cadang.

“Semuanya sedang kami susun. Kami yang jelas punya komitmen untuk menyediakan layanan servis dan garasi,” imbuh dia

Nah,kiranya sekian dulu pembahasan mengenai hengkangnya ford dari indonesia

Comment Like Sucsribe dan sampai bertemu di artikel selanjutnya.
Semoga bermanfaat.

Ikuti berita terbaru atau kontak BMspeed7 :
Email : masmuslim7@gmail.com
Blog : https://bmspeed7.wordpress.com/
Facebook : BMspeed7.wordpress.com
twitter : @masmuslim7
Instagram : BMspeed7
WhatsApp : 0856-9282-5308
PIN : 5A21B461






About Mas Muslim 1342 Articles

Hallo om,salam kenal, saya Mas Muslim admin tunggal dari blog ini,terima kasih banyak sudah berkunjung,komen,share dan berlangganan diblog WWW.BMSPEED7.COM | Semoga bermanfaat

1 Trackback / Pingback

  1. Pabrikan Motor Jepang Beramai Ramai PHK karyawan? | BMspeed7.wordpress.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*