Yamaha New Vixion Advance (NVA) Bisa Nyala Tanpa Pakai Aki…!!!





New-vixion-advance -bisa-nyala-tanpa-pakai-Aki-01

BMspeed7 – Bro sekalian… masih edisi pulang kampung kemarin ane ada sedikit ulasan mengenai new vixion advance livery GP yang baru kemarin turun dari dealer….ya..mungkin postingan ini sudah banyak yang ulas tapi ya..no problem lah..ane kurang puas kalo belum praktekin dengan unitnya.



Dan karena ane ini suka kelistrikan motor,mata ane lansung tertuju pada kelistrikan untuk ngebandingin kelistrikan OVI,NVL serta NVA dan kebetulan saja untuk ketiganya berbeda beda sobs…untuk OVI full DC,NVL pakai Arus AC sedangkan NVA full DC cuman pas di kontak belum bisa nyala kudu pake mesin nyala dulu…tapi ane kaget sob,kala tombol engine cut off di posisi ON mesin langsung mati tapi anehnya lampu depan masih nyala terang khas arus DC..waladalah…ini josss..

Untuk NVA ini kalo ane rasa bener bener penyempuraaan dari varian OVI dan NVL…mengapa??

Karena pada saat OVI di full DC banyak yang mengeluh aki soak lantaran lampu nyala siang malam,trus kembali ke Produk NVL dimana pada spesifikasinya terpampang arus di ganti AC dan ada kendala lagi di mana kala aki soak mesin ngak bisa hidup sama sekali apalagi pake copot aki..haiyah jangan ngimpi motor nyala Sobs 😀

Nah,untuk Versi Vixion teranyar ini mengambil arus DC tapi setengah kaya AC..Mksdnya??? jadi gini sob di buku panduan Yamaha vixion gamblang jelas terlihat bahwasanya arus NVA ini Alternating current (AC) ..tapi memang iya sih,,karena pada saat motor kontak di ON lampu besar ngak nyala,,trus iki AC opo DC??..dan di situlah ane merenung,ouh ..mungkin ini adalah penyempurnaan jadi lampu tetep memakai Arus DC dan untuk meminimalisir aki soak jadi lampu hanya menyala saat engine hidup saja..hal ini terdeteski soalnya kala mesin hidup lampu terang saja ngak ngikutin putaran mesin begitu juga saat di Bleyer…(Brem ,,Brem ,,brem) Lampu masih stabil dan sekali lagi ngak ngikutin putaran mesin..jadi arus kelistrikan NVA ini Full DC (direct current).

Berawal dari hal di atas,ane penasaran lebih sama kelistrikan NVA ini…bisa gak ya mesin motor NVA hidup memakai aki soak atau bahkan tanpa Aki??..

Mari kita praktekan :

New-vixion-advance -bisa-nyala-tanpa-pakai-Aki-02

Pertama cabut sekering/fuse pada pada rumahnya/.perlu di ketahui sobs,melepas main sekering/fuse = melepas aki .oiya..didalam vixion cuman ada satu main sekering,beda dengan CB150R yang di desain secara terpisah baik klakson,lampu senja,lampu rating dan sebagainya hampir mirip kaya kelistrikan mobil.

Nah sekarang fuse/sekering sudah di lepas,artinya = motor tanpa aki

OK,sekarang kita coba kick starter apakah bisa nyala atau tidak

New-vixion-advance -bisa-nyala-tanpa-pakai-Aki-03

Ketika kunci di posisikan On jarum otomomatis ngak mau bergerak lantaran ngak ada arus cuman pada panel speedometer ada nyala sedikit cahaya pertanda ada arus di kapasitor.

Pada saat ane alami,ketika kick starter…awalnya motor susah hidup..ya mungkin efek manja dari aki kali ya..biasa berlebihan arus 😀 untuk pertama dan kedua pada kick starter agak susah,motor cuman brebet sekan mau hidup dan pas tendangan ke tiga sontak saja,motor langsung hidup plus headlamp nyala terang..ini namanya keren cuy..

New-vixion-advance -bisa-nyala-tanpa-pakai-Aki-04

Last..hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi user NVA dengan kehadiran Yamaha menyempurnakan pada varian vixion teranyar ini…mengingat terkadang umur part dalam hal ini aki..kita semua ngak tahu terlebih bagi user yang males ngerawat motor..

Semoga Berguna!

Penulis : Mas Muslim
^_^Kontak BMSPEED7.Com^_^

#Noted : bukan Dealer atau bengkel Modifikasi,hanya penulis yang ingin berbagi informasi,Terima Kasih.

 

About Mas Muslim 1226 Articles
Hallo om,salam kenal, saya Mas Muslim admin tunggal dari blog ini,terima kasih banyak sudah berkunjung,komen,share dan berlangganan diblog WWW.BMSPEED7.COM | Semoga bermanfaat

5 Komentar

  1. Wah ane mau coba nih cz motornya sama kaya aneh.he he heee
    Dulu pas ane pake NVL pernah mogok d tengah jln gara2 aki soak.saking kesalnya besoknya saya beli NVA movistar

Orang Bijak Tinggalkan Jejak!