Cara Memasang Lampu HID Projektor Pada Motor


CYMERA_20150827_170141
Memasang Lampu HID  projektor aka proji  di Yamaha old Vixion tahun 2012

BMSPEED7.COM – sobat sekalian…Memodifikasi motor memang tak akan ada habisnya jika di turutin,entah masalah engine,kaki kaki,maupun kelistrikan motor…dan disini saya akan  ngebahas kelistrikan motor tentang bagaimana cara memasang lampu HID yang sangat Mudah pada motor.

Dan kali ini Yamaha old Vixion milik saya jadi korban tutorial pasang HID projektor , istilah kerennya retrofit projektor 😀

Projektor yang dipakai adalah merk TYPE R soket H1, atau MH1 menggunakan shroud tipe Double angel eyes.


Sebelum memasang Lampu HID Projector,ada baiknya baca dulu artikel dibawah ini :

OK mzBro… gak banyak Omong mari kita praktekan

Materials (Bahan) dan Alat (Tolls)  :

  • Material,satu unit set HID projektor
HID Kit Projector
HID Kit Projector
  • Dari satu Set komponen tersebut mempunyai beberapa fungsi masing masing,di mulai Dari Projektor
projektror
Projektor HID lens light
  • Projektor adalah komponen yang berperan penting dalam urusan Style sebuah kelistrikan lampu Motor maupun mobil karena dari komponen inilah di dapat cahaya yang fokus,lurus dan tentu efek cahaya berupa angel eyes,devil eyes.maupun demon.
ballast
Ballast
  • Untuk komponen yang satu ini lebih ke fungsi sebagai menyalurkan  arus dengan cara merubah  tegangan yang masuk menjadi lebih tinggi untuk dialirkan pada elektroda bohlam HID.

Bulb/Bohlam HID – Udah yakin dapet ballast AC tapi tetap merasa kurang terang? Kualitas bohlam juga pengaruh. Untuk barang cungko, ada beberapa grade bohlam. Ini kita gak bisa tau mana yang grade mana. Paling kalo mau ya coba tuker bohlam, diliat bedanya.

Sedangkan Wire Harness adalah kumpulan sejumlah kabel dan yang diikat yang berguna untuk mengalirkan listrik dan sinyal..biasanya dalam wire harness Lampu HID ini terdapat komponen pendukukung seperti Relay,Fuse(Sekring),Sekun,serta soket buat penghubung

Alat/tools

  1. 1.obeng (-) (+)
  2. tang
  3. multitester
  4. kunci 8,10,12
  5. kunci L
  6. kabel seadanya
  7. baskom berisi air panas

Cara Pemasangan

Cara pemasangan lampu proyektor sendiri cukup mudah mas Bro…

1)Pertama Lepaskan Headlamp vixion, buka semua baut-bautnya, soket-soket kabel pada lampu, sampai terpisah dengan motor.

headlamp ovi
Bongkar HeadLamp si vixion
headlamp ovi-2
ketika sudah terlepas dari motor

2.) Kedua yang harus sampean lakukan pastinya membuka mika lampu terlebih dahulu sehingga terpisah dengan reflektornya untuk cara ini saya menggunakan teknik rendam Headlamp pada Baskom berisi air Panas…Rendam kira kira 15-20 menit.

rendah headlamp pada air panas
Rendam headlamp pada air panas (ini hanya ilustrasi saja,karena yang digambar headllamp Vario Techno 110,hehe)

Dengan merendamnya di air panas maka Lem perekat pabrikan yang terkenal sangat kuat akan meleleh aka lunak sehingga pinggiran dari headlamp mudah untuk di congkel,pelan pelan tapi pasti pakai obeng (-) mas bro…Hati-hati saat mencongkel karena mika lampu memang rawan pecah…mika pecah nambah masalah lain ntar 😀 dalam step ini kesabaran kita bener bener di uji..so,hitung hitung buat melatih kesabaran nih...xixixixi 😀

sebenernya selain trik rendam headlamp pada air panas ada juga trik panaskan tepi-tepi perekat mika pada reflektor menggunakan hair dryer atau heat gun.

heat gun
saat memanaskan tepian Head lamp pakai heat gun

Kalau tidak mepunyai kedua alat tersebut, pinjam ke tetangga saja 😀, harus siapin air mendidih pada baskom berukuran sedang, lalu celupkan rumah lampu tadi pada air mendididih..so,sesuatu itu harus berkorban dulu pakde. 😀 (Sekedar catataan : Rumah lampu/reflektor/mika original bawaan motor gak akan meleleh pada air mendidih, tahan sampai suhu 300°c. jadi jangan takut retak apalagi meleleh).

3.) Dan ketika sudah kebuka semua, tinggal bersihkan sisa-sisa air yang menempel pada mika dan reflektor pakai lap lembut atau kanebo agar tak tertinggal segala kotoran yang terdapat pada headlamp..dan alhamdulillahnya saat ane melakukan ngak ada sisa lem perekat yang menempel pada mika ..kalo ada sisa lem yang nempel ribet mas bro kudu sabar buat ngebersihin lagi pake bensin/sanpoly/minyak kayu putih..so,ujung ujungnya sabar maneh cak. 😀

4.) jika reflektor sudah kering maka step selanjutnya adalah memasang Projektor HID with angle eyes.

projie
Projector dilengkapi pengaman karet,jadi tidak akan merusak reflektor

Mas bro tinggal memasukkan projector tadi …Di sini perlu ekstra hati-hati supaya bagian belakangnya pas dengan lubang lampu standar plus di sini jua titik fokus projektor juga berpengaruh kal nyetel ngak pas.

untuk kebanyakan projector  sekarang sih..bagian belakangnya sudah dilengkapi derat, dengan begitu ukurannya bisa disesuaikan lubang yang sudah ada,

Memang selama ini banyak yang memaksakan pasang lampu jenis ini sehingga bagian belakang sampai dirusak atau dibobok. Cara itu justru akan merepotkan jika nanti mau kembali pakai bohlam biasa.

5.) Setelah dirasa kencang dan sudah rapi terpasang, langkah selanjutnya adalah memasang mika lampu kembali agar menyatu dengan reflektornya.

SAMSUNG DIGITAL CAMERA
Headlamp Vixion yang sudah terpasang HID Projektor,terlihat sedikit ganteng 😀

6.) Setelah langkah tersebut, jangan lupa untuk kemudian memasang bohlam HID yang telah tersedia di dalam paket lampu proyektor aftermarket tersebut.

memasukan Bohlam HId pada projektor
memasukan Bohlam HId pada projektor

9.) Oke..selanjujtnya adalah memasangkan kembali headlamp ke motor sekalian menghubungkan soket soket lampu,baik itu pada Bohlam HID angle Eye,Devil Eye, maupun Demon..so,semua kabel terhubung beda beda karna fungsi juga beda mas bro…

instalasi HID-1
Instalasi kabel Set HID projektor pada motor

10.) Saat instalasi HID projektor pastikan kabel-kabel harus rapi…yups..Rapi,entah itu segi penempatan komponen maupun ..kerapian saat sambung menyambung soket, sebisa mungkin di isolasi agar kuat plus mencegah konslet.

ballast hid
Penempatan Ballast HID di bawah tangki BBM,berbahaya tidak? pengalaman saya selama 2 tahun lebih tidak ada masalah.
SAMSUNG DIGITAL CAMERA
Tuh lihat kabel instalasi HID lewat bawah tangki BBM

11.) untuk Yang terakhir adalah menyetel ketinggian dari arah sinar lampu proyektornya. Ingat! Yang ini jangan sampai ketinggalan ya, bahaya kan kalau sinar lampu ketinggian. Sinar lampu HID yang sangat terang bisa-bisa membahayakan pengendara yang sedang berjalan berlawanan arah.

Last…menyinggung perihal bahwa lampu HID bisa bikin aki tekor itu mitos..asalkan Instalasi yang benar dan mengikuti spek dari motor tersebut saya rasa tidak akan ada kejadian aki tekor seperti kebanyakan di benak owner.

11701218_703108376500028_2648920443415881452_n
Kondisi aki 3 bulan setelah pasang HID,ane cek masih normal diangka 12.6 volt

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara pasang hid projektor pada motor  Jika anda tertarik ingin mengaplikasinya, sudah banyak lampu proyektor aka proji aftermarket yang tersedia di pasaran…monggo mas bro! selamat mencoba.

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA :

Foto : Dokumen BMspeed7.com dan mbah Google

Sekian pembahasan pada artikel kali ini,Semoga berguna yak,Terima Kasih sudah baca dan sebarkan artikel ini ke teman-teman. Salam Safety Riding Sob!


Penulis : Mas Muslim
^_^Kontak BMSPEED7.Com^_^


About Mas Muslim 1161 Articles
Hallo om,salam kenal, saya Mas Muslim admin tunggal dari blog ini,terima kasih banyak sudah berkunjung,komen,share dan berlangganan diblog WWW.BMSPEED7.COM | Semoga bermanfaat

14 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. daihatsu magelang

Orang Bijak Tinggalkan Jejak!