Penjelasan Mengenai Lampu HID





Lampu HID Pada Vixion
Lampu HID Pada Vixion

BMspeed7.wordpress.com – Bro sekalian…Rasanya kurang pas jika pecinta kelistrikan Motor ngak ngebahas lampu yang sedang naik daun di Tanah air ini..

Yap..Lampu HID atau yang lebih di singkat (High Intensity Discahrge)  Pada lampu HID ini cahaya yang di dapat lebih terang dari lampu halogen, perbedaannya dengan lampu halogen adalah pada lampu HID gas yang diisikan pada bohlam tersebut adalah gas yang bernama gas xenon.


Nah pada HID ini bohlamnya tidak terlalu panas seperti bohlam halogen dan bohlam biasa, karena sifat gas xenon yang lebih dingin dari pada gas lainnya. Perbedaan lainnya adalah pada bohlam HID tidak terdapat filamen (kawat kecil yang terdapat di tengah bohlam yang fungsinya untuk membakar gas), nah fungsinya digantikan oleh Ballast. Tugas ballast adalah membakar gas pada bohlam, yang biasanya pada awal lampu hidup membutuhkan voltase yang lumayan tinggi. Sehingga bila kelistrikan kurang bagus atau kurang dapat menyuplai maka aki akan tekor.

Kita bisa bilang HID lebih terang, ataupun halogen lebih terang. Untuk lebih validnya adalah dengan menggunakan satuan cahaya  yaitu Lumens. Semakin tinggi lumens biasanya akan lebih terang, sebagai perbandingan; bohlam biasa bisa menghasilkan 1.300 lumens, kemudian untuk lampu halogen bisa menghasilkan 1.350-1.500 lumens. Bandingan dengan HID yang tersedia beberapa macam tingkat lumens dari yang 3.000-12.000 lumens. Jadi semakin tinggi lumens akan menjadi lebih terang cahayanya. Untuk HID pun agak unik, karena warna cahaya yang dipancarkan berbeda-beda tiap tingkatan lumens. Semakin tinggi lumens maka warna cahaya akan berubah menjadi semakin putih kebiruan dan ungu. Whats next..setelah Bohlam HID? Kemungkinan besar adalah Bohlam Luxeon yang akan menggantikan HID, karena diklaim Bohlam Luxeon lebih terang dan lebih kecil daya yang dibutuhkan..sebenarnya sudah ada yang memodifikasi bohlam lampu depan menggunakan bohlam luxeon. Jadi tinggal tunggu saatnya aja…

Komponen Lampu HID :

  1. Ballast Lampu HID
ballast
Ballast

komponen yang satu ini bisa di katakan sebagai otak atau mesinnya lek bahasa otomotif ECU namane 🙂 karena dari komponen inilah di ketahui seberapa baik cahaya yang di dapat serta keawetan lampu HID itu sendiri, Ouh iya mzBro..komponen ini berfungsi sebagai menyalurkan  arus dengan cara merubah  tegangan yang masuk menjadi lebih tinggi untuk dialirkan pada elektroda bohlam HID.

HId bulbn
HID Bulb

2.Bulb/Bohlam Lampu HID

Udah yakin dapet ballast AC tapi tetap merasa kurang terang? Kualitas bohlam juga pengaruh. Untuk barang cungko, ada beberapa grade bohlam. Ini kita gak bisa tau mana yang grade mana. Paling kalo mau ya coba tuker bohlam, diliat bedanya.

Fungsi tudung bohlam

Bohlam konversi HID, misalnya untuk ukuran H4, biasanya ada tudungnya. Fungsi utama tudung adalah untuk menaikkan sinar dari bohlam ke atas reflektor, yang kemudian akan memantulkannya ke bawah lagi. Banyak pedagang yang sering menuding tudung ini yang bikin sinar hid gak “keluar”. Padahal justru tudung ini yang bantu sinar mestinya. Malah sebenernya, menurut Tandy,  “Selama tudung dan bohlam sinkron, jatuhnya sinar akan seperti halogen, yang gak akan liar menyilaukan.”

Cut off sinar

Ini yang paling sering dikeluhkan soal konversi HID: sinarnya saat dicoba stel lampu gak bisa memenuhi jalur cut off sinar. Akibatnya sinar jadi gak fokus, malah bisa mengganggu orang lain dari sisi berlawanan dari kita sinarnya. HID yang bagus, pola sinarnya (light pattern) seperti halogen. Bisa dlihat saat dinyalakan, tembak ke dinding. Tandy menyarankan supaya bagusnya minta garansi dari penjual soal cut off ini.

3.Wire Harness Lampu HID

wire harnes
Wire Harness

Wire harness adalah kumpulan sejumlah kabel dan yang diikat yang berguna untuk mengalirkan listrik dan sinyal..biasanya dalam wire harness Lampu HID ini terdapat komponen pendukukung seperti Relay,Fuse(Sekring),Sekun,serta soket buat penghubung.

projektror
Projektor HID lens light

 

CYMERA_20150827_170141
HID projektor Old Vixion

Untuk sekarang ini lampu HID di kreasi dan di tambahkan komponen baru lagi sebut saja projektor..dalam projie (istilah anak motor) terdapat Angel Eyes,devil eyes serta demon eyes..(tergantung type) menjadikanya tampilan lampu kepala eye catching.

sekedar Tips mzBro…jika sampean mau pasang lampu HID..(jiah..arek.a wis nyidam je)…ada baiknya anda simak tips berikut ini :

1.pilihlah Watt (Daya) lampu HID sesuai spek motor..misal motor sampean menggunakan lampu 35 watt..ya pada saat pasang HID juga 35 watt,,bukan apa apa mzbro..hal ini di maksudkan agar aki ngak tekor..so ballast HID pada saat pertama kali di nyalakan menyedot arus yang besar.

2.pilihlah bohlam dengan kelvin yang rendah, bisa di mulai dari 3000 k sampai 6000 k,bohlam dengan kelvin tersebut cahayanya seperti bohlam standar motor putih kekuningan cuman cahaya lebih terang plus mampu tembus kabut kala hujan menerjang msbro.

3.sangat di anjurkan jika memakai Lampu HID untuk di sematkan projektor,fungsi dari komponen itu bisa mengarahkan cahaya agar fokus ke depan dan lebar tapi sinar ngak ke atas..so,lebih menghormati biker lain dari lawan arah bukan..?

4.pilihlah merk yang terkenal..so brand terkenal lebih memperhatikan kualitas produk…misal produk japan terkenal dengan kualitas bagus dan terbukti keawetanya..tapi ngak menutup kemungkinan brand china juga bagus..semua tergantung budget anda..mau pilih yang bagus apa pilih low entry.

5.pasanglah Lampu HID pada orang yang profesional..memang memasang bohlam HID butuh sentuhan berbeda dari bohlam standar yang asal nemplok..aka PNP.

Last…bagaimana pemirsa..??? Hmm …Menarik bukan tentang pembahasan di atas ? Ane sendiri sudah mencangkokan HID projektor pada old vixion..hasilya juoss lek..pecahayaan mantap plus yang gak kalah,bikin ngiler semua mata yang mandang.. . Jian opo ra sangar je. 😀

Samapean gak percaya?..monggo di praktekan.

Semoga Bermanfaat.






About Mas Muslim 1379 Articles

Hallo om,salam kenal, saya Mas Muslim admin tunggal dari blog ini,terima kasih banyak sudah berkunjung,komen,share dan berlangganan diblog WWW.BMSPEED7.COM | Semoga bermanfaat

3 Komentar

  1. ijin tanya gan.ane kan pengguna vario 150 yg terbaru dan rencana mau pasang projie tapi masih bingung dengan kabelnya yang ada di headlamp karena disoketnya itu ada 6 kabel.sedangkan projie cm 3 kabel untuk ke soketnya lampunya…

    untuk 6 kabel itu fungsinya apa saja ya.mohon bantuannya.

    • Jadi gini gan,karena saya belum pernah lihat soket vario 150 yang kebetulan pakai lampu LED,kemungkinan Soket 6 kabel tadi biasanya sebagai berikut :
      1.kabel hijau (- atau massa)
      2. coklat (lamp kota)
      3.biru (+ lampu jauh)
      4. Hitam (+ kunci kontaK)
      5 Biru Laut : (+) sein/reting kanan
      6 Oranye : (+) sein/reting kiri

      • Yang ada di soket tersebut warna.
        1.biru
        2.item
        3.coklat
        4.putih stip hijau
        5.hijau stip orange
        6.hijau stip item

        Untuk seinnya dia terpisah kabelnya.
        Saya ad fhotonya blh saya add wa nya ato pin bb nya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*