Jepretan Alam Pekalongan….Bukti Negeri Ini Memang Kaya akan keindahan Alam





peta wisata Pekalongan1

BRAND-KOTA-PEKALONGAN

Bro dan sis sekalian…Kota Pekalongan merupakan salah satu kota yang terdapat di Propinsi Jawa Tengah. Kota Pekalongan berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, Kabupaten Batang di arah timur, serta Kabupaten Pekalongan di bagian selatan dan barat.


Kota ini berada di jalur Pantura yang menghubungkan antara JakartaSemarangSurabaya. Pekalongan berjarak sekitar 101 km menuju arah sebelah barat Semarang, atau sekitar 384 km menuju arah sebelah timur Jakarta. Pekalongan terkenal mendapatkan nama julukan kota batik, karena batik asli asal Pekalongan mempunyai corak yang khas dan variatif. Kota Pekalongan juga mempunyai pelabuhan perikanan yang terbesar di Pulau Jawa.

Pelabuhan ini juga sering menjadi tempat transit dan juga menjadi area pelelangan hasil tangkapan laut oleh para nelayan yang berasal dari berbagai daerah. Selain itu di Kota Pekalongan juga terdapat banyak perusahaan yang mengolah hasil laut, seperti ikan asin, terasi, kerupuk ikan dan sarden baik itu perusahaan berskala besar ataupun hanya industri rumah tangga.

yap… Itulah sedikit gambaran mengenai gambaran kota pekalongan secara garis besarnya,,oke ngak banyak omong langsung saja ke Pembahasan..kira kira dimana saja sih tempat Wisata di Peklaongan yang cocok Buat destination wisata buat sobat..Cekidot sob..

Air Terjun Cinde – Terletak di desa Depok, Kab. Lebak, berjarak sekitar 24 km dari kota Kajen, yang dapat dicapai melewati jalan selama 2 jam dengan hanya berjalan kaki dari desa Depok

curug cinde.jpg

Air terjun Muncar – Memiliki ketinggian sekitar 40 m dan terletak di Desa Air Terjun Muncar, Petungkriyono, 1,5 jam dengan menggunakan sepeda motor dan akan lebih lama jika menggunakan mobil, tergantung dari kondisi jalan..Alhamdulillah pas ane lewatin sih perjalanan cukup mulus .

abaikan Orangnya sob 🙂

S4023765.JPG

Wisata Alam Lolong-Lolong ??..Apa itu ??..Kedengeranya cukup asing memang,,malah banyak taunya di benak orang Lolong Hanyalah seekor buaya Raksasa asal PHILIPINA.
dari pada Sobat semakin ngelantur dan sobat juga pada penasaran dengan Desa kelahiran BMs ini..yok mari BMs jelasin secara gambalng dibawah ini

Jembatan lolong.JPG

Lolong merupakan sebuah desa wisata yang tergabung dalam desa wisata KABALONG (karanggondang Limbangan Lolong) Desa wisata ini berada di kawasan PROVINSI JAWA TEGAH, lebih tepatnya di daerah kecamatan karanganyar,kabupaten pekalongan. Lolong merupakan sebuah desa yang memiliki pemandangan alam yang indah. udara didaerah lolong juga masih segar dan dingin, “kalo ngak percaya sobat boleh tuh nginep di rumah BM7 ntar sobat bisa ngersain dinginya desa BMs ini,,,dengan udara yang seger dan adem kayak gini,tentunya sangat cocok buat tujuan wisata para warga penghuni kota yang udaranya super panas dan banyak polusinya. Desa lolong masih asri lantaran banyak di tumbuhi pohon-pohon besar yang sangat lebat,tinggi dan banyak, ada beberapa pohon yang tumbuh subur di desa ini,terutama pohon yang menjadi nilai jual tinggi yakni pohon DURIAN,ya pohon duirian..dari dulu hingga sekarang yang namanya desa lolong tak lepas dari yang namanya pohon durian..di desa saya ini memang tiap satu tahun sekali ada acara “FESTIVAL DURIAN TIBAN LOLONG”mari jika sobat pecinta durian boleh datang ke Desa Lolong,Karanganyar,Pekalongan,Jawa Tengah.

 

durian di pikul.JPG

Di acara tersebut kalian bisa makan durian sepuasnya hanya  dengan membayar tiket masuk nya saja. Oh ia selain buah durian tersebut,di lolong  juga ada wisata yang nggak kalah serunya. Yaitu wisata menyusuri dan mengarungi aliran sungai di lolong dengan menggunakan perahu karet atau sering di sebut ARUNG JERAM aka Rafting.

kakak bermain arung jeram

Nah bagi para kalian yang suka wisata air dan adventure kayak gini, maka kalian harus coba wisata arung jeram ini. Selain menantang adrenalin wisata ini juga bisa menyehatkan badan loh, gimana nggak sehat orang kalian akan di ajak mengarungi dan menaklukkan aliran sungai sengkarang sepanjang (9KM) dengan kapal karet tanpa mesin yang berpenumpang 6 orang termasuk crew. Nah sepanjang (9KM) itulah klian akan saling bahu membahu buat mendayung kapal agar kapal kalian bisa berjalan, bahkan otak dan mata kalian pun akan bisa fresh kembali,karena di setiap perjalanan banyak terdapat pemandangan-pemandangan alam yang akan membuat mata dan otak kalian fresh. Dan bisa di pastikan bahwa perjalanan kalian berarung jeram akan terasa have fun, seperti kata pepatah “berakit-rakit ke hulu,berenang-renang ketepian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senag kemudian”. Menarik bukan???, makanya buat kalian yang pengen seru-seruan dan suka dengan wisata yang berbau akan adventure, datang aja ke desa lolong,dan langsung menuju basecamp crew LOLONG ADVENTURE. Monggo sob BMs welcome banget ..

Curug Bajing – masih sedikit yang tahu tentang tempat ini. Curug Bajing terletak di Desa Tlogopakis, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Untuk menuju ke tempat ini sobat musti lewatin jalan yang agak turun naik dan sedikit extrim kalo ngak terbiasa BMs saja sampai istirahat 2 kali di sepanjang perjalanan sembari hunting foto sob hehe 🙂

perjalanan curug bajing.jpg

tapi setahu saya walaupun jalanya sedikit naik turun tapi jalanya sudah beraspal sob jadi ya cukup mulus laya sampai tujuan,,Dijamin mata sampean akan berdecap kagum akan keindahan panorama curug yang baru tenar awal 2015 an ini,,dan menjadi wisata primadona  kaum lansiran 15 tahunan ke atas 🙂

curug bajing 1.jpg

 

Watu Ireng – Lokasinya di desa Lambur, Kandangserang, berjarak sekitar 17 km dari Kota Kajen, batu hitam besar yang berada di dalam batu diperkirakan memiliki gigi berlubang.

yulan di watu ireng.jpg

Linggo Asri merupakan obyek wisata alam Pegunungan Linggoasri Kecamatan Kajen obyek wisata ini merupakan wahana untuk berekreasi, pendidikan, olahraga dan hiburan yang terpadu di kawasan ini pada khususnya dan Kabupaten Pekalongan pada umumnya. Linggoasri adalah daerah “puncaknya” orang Pekalongan . lokasi Linggo Asri yang berada pada ketinggian 700 m dpl, udara yang sejuk dan panorama yang alami menjadi ciri khas Obyek ini. Serta kondisi masyarakat yang masih pedesaan menjadi faktor yang menarik untuk dinikmati,disamping itu letak yang cukup strategis yakni di jalur provinsi antar kabupaten Pekalongan dan kabupaten Banjarnegara menjadikanya wisata ini patut anda sambangi sob.

Wisata Alam Linggo Asri 1.jpg

Kali paingan – Sebuah wisata yang tak jauh dari Kawasan wisata Linggoasri yang lokasinya berada di dataran tinggi Kajen Kab. Pekalongan selama ini jauh lebih dikenal dengan keindahan panorama alamnya dan beberapa jenis koleksi satwanya. Termasuk juga bumi perkemahan serta out bound. Namun sekarang sudah mulai semakin berkembang dengan adanya wahana wisata alam arung jeram yaitu Wahana Wisata Kali Paingan dengan rute perjalanan menyusuri arus sungai paingan Linggoasri yang siap memacu adrenalin.

paingan with eko.jpg

Pegunungan Teh Pagilaran – Sebenarnya Kebun Teh Pagilaran tidak terletak di wilayah Pekalongan, namun tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Pekalongan. Kebun Teh Pagilaran berada di Perbukitan Dieng dan masuk dalam wilayah Desa Pagilaran, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Sejuknya udara serta hamparan hijau tanaman teh sudah pasti akan menyegarkan pikiran kita. Kebun Teh Pagilaran berjarak sekitar 40 km dari pusat Kota Pekalongan.

 

outbondPantai Pasir kencana – Tempat wisata ini hanya berjarak sekitar 4 km dari pusat Kota Pekalongan. Pantai banyak didatangi warga Pekalongan dan sekitarnya untuk berwisata, terutama wisata dengan keluarga karena di Pantai Pasir Kencana dibangun beberapa fasilitas permainan untuk anak-anak. Pantai Pasir Kencana paling ramai pada saat perayaan Syawalan atau satu minggu setelah lebaran Idul Fitri

satu lagi yang unik dari pantai ini adalah sering juga di sebut dengan pantai ngebom ..maksudnya ..???..waduhh,,Entah lah …sampai sekarang BMs juga belum tauh tuh,, 😀 ada yang mau ngasih tau??..:)

pantai pasir kencana.jpg

Pantai Slamaran – Pantai ini  terletak di sebelah timur Pantai Pasir Kencana, dibatasi oleh  muara Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pekalongan, dapat dicapai lewat muara pelabuhan dengan perahu pesiar dan lewat jalur darat dengan menggunakan angkutan umum sekitar 5 Km dari pusat kota atau terminal bus Kota Pekalongan. Sebagai daerah wisata, Pantai Slamaran memiliki pemandangan yang sangat indah, udara yang segar dan dapat pula disaksikan terbit dan terbenamnya matahari sehingga sangat menarik untuk dikunjungi.

Luas lahan Pantai Slamaran Indah sekitar 3,5 Ha, dilengkapi fasilitas lahan parkir yang luas, rumah makan, warung makan serta perahu sewa yang siap mengantarkan pengunjung berkeliling di sekitar Pantai Slamaran.

Harga tiket masuk sebesar Rp. 500,00 (hari biasa) ; Rp. 1.000,00 (hari Munggu/Libur) dan Rp. 2.000,00 (Malam Minggu) serta untuk semua tiket sudah termasuk Asuransi

terlepas dari keindahan pantai slamaran ternyata masih menyimpan berjuta misteri akan Legenda Dewi lanjar Penguasa Laut pantai Utara jawa kota peklongan.

OW Pantai slamaran.JPG

Curug 7 bidadariSurga yang tersembunyi, mungkin itulah kata yang tepat untuk menggambarkan keindahan alam Curug batu dinding kolam 5 bidadari. Lebih akrab disebut curug bidadari, terlepas dari benar atau tidaknya mitos akan nama yang tersemat di tempat yang konon kabarnya dijadikan tempat mandinya para perempuan cantik made in kahyangan. Hingga kabar dahulu kala juga dijadikan tempat mandinya para putri kerajaan tempo dulu.

Secara geografis dan administratif curug ini masuk dalam wilayah Pekalongan, tepatnya di desa Purbo Jolotigo, kecamatan Talun, kabupaten Pekalongan. Karena setelah kita menyeberangi sungai, di sepanjang jalur tersebut sampai di titik air terjun, kita berada di sisi sebelah kanan sungai yang artinya kita sudah berada di wilayah kabupaten Pekalongan.
Tetapi karena pintu masuk ke lokasi wisata ini dari desa Silurah, kecamatan Wonotunggal, kabupaten Batang dan dikelola oleh warga setempat jadi curug ini lebih populer disebut curug Bidadari Batang.

Bisa dimaklumi setiap batas administrasi suatu daerah memang biasanya menggunakan sungai sebagai patok batasnya, dan air terjun memang lokasinya pasti disungai. Jadi sah-sah saja jika suatu lokasi air terjun masuk kedalam dua wilayah admisistrasi yang  berbeda.curug 7 bidadari.JPG Last..Gimana menurut pemirsa,Hmmm… Pekalongan ternyata banyak tempat wisata yang bagus dan tentunya menarik bukan?? … Ouh iya sob,,sebenernya masih banyak tempat wisata di pekalongan yg belum terjamah dan perlu explore.Jangan lupa ya kalau sedang berada di Pekalongan untuk singgah di tempat wisata diatas.

Akhirnya cukup sekian artikel dari saya semoga bermanfaat.

 

 

 

About Mas Muslim 1232 Articles
Hallo om,salam kenal, saya Mas Muslim admin tunggal dari blog ini,terima kasih banyak sudah berkunjung,komen,share dan berlangganan diblog WWW.BMSPEED7.COM | Semoga bermanfaat

2 Komentar

Ayo Berkomentar